rafa odreylia

Last login time
6 September 2019



headerBanner
Mengubah Peradaban Manusia Melalui Revolusi Industri

Mengubah Peradaban Manusia Melalui Revolusi Industri

IndiSchool - Myinfo · Posted by rafa odreylia


Rabu, 21 Agustus 2019 10:08 WIB 42 0 0

Revolusi Industri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat,Amerika Utara, Jepang , dan menyebar ke seluruh dunia.

Revolusi Industri menandai terjadinya titik balik besar dalam sejarah dunia, hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh Revolusi Industri, khususnya dalam hal peningkatan pertumbuhan penduduk dan pendapatan rata-rata yang berkelanjutan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Selama dua abad setelah Revolusi Industri, rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia meningkat lebih dari enam kali lipat. Seperti yang dinyatakan oleh pemenang Hadiah Nobel , Robert Emmeron Lucas , bahwa: "Untuk pertama kalinya dalam sejarah, standar hidup rakyat biasa mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. Perilaku ekonomi yang seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya".

revolusi industri mulai terjadi pada tahun 1760-1830. Pada tahun-tahun tersebut, teknologi mesin sedang berada dalam puncaknya. Manusia mulai memanfaatkan mesin untuk mempermudah berbagai pekerjaan berat. Pada akhirnya, perkembangan mesin-mesin itu menimbulkan revolusi industri, yaitu peralihan produksi yang mulanya dilakukan oleh tenaga manusia berganti menjadi mesin.

Ada satu hal yang mesti kita cermati dalam melihat fenomena "revolusi industri". Hal tersebut adalah adanya perkembangan teknologi yang terus-menerus dan mempengaruhi peradaban umat manusia - tidak terkecuali dalam aspek ekonomi. Kita tahu bahwa teknologi dan perkembangannya memberikan efek besar terhadap perilaku manusia. Ditambah dengan banyaknya berbabagi kemudahan yang dituntut oleh umat manusia, teknologi memiliki fungsi untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Pada era sekarang, perkembangan teknologi berpusat pada arus informasi dan komunikasi. Internet dan teknologi komunikasi telah menciptakan budaya serta peradaban baru umat manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet dan teknologi komunikasi juga mempengaruhi bidang ekonomi. Dengan berbagai riset yang panjang, internet menjadi solusi bagi perilaku konsumen di era sekarang ini.

Pada era digital seperti ini, tidak dapat dipungkiri bahwa peluang membuka bisnis dengan model startup sangat diminati. Kita bisa membayangkan bahwa suatu saat nanti berbagai usaha membutuhkan internet. Kantor-kantor perusahaan hanya sebuah ruangan kecil dengan banyak komputer yang servernya tidak pernah mati.

Di Indonesia sendiri, startup mulai merajalela. Mulai dari produk transportasi hingga antar makanan. Dalam hal ini, keberadaan startup memang akan menciptakan banyak enterpreneur. Dalam kondisis yang begitu esktrem dan penuh ketidakpastian, siapa pun akan mulai melakukan upaya untuk menciptakan produk dan bisnis baru.

Melihat fenomena ini, memang sudah layak jika era sekarang disebut sebagai revolusi digital. Internet bukan lagi sekadar sumber informasi tetapi juga penunjang bisnis dan ekonomi. Bahkan, dapat dikatakan internet merupakan medium utama suatu bisnis atau produk tertentu. Internet telah memengaruhi peradaban manusia. Sayangnya, untuk memenuhi revolusi digital tersebut, diperlukan infrastruktur yang mumpuni. Indonesia sendiri masih kalah jauh dengan negara lain karena infrastruktur dalam teknologi informasi dan komunikasi masih sangat kurang.

sumber photo : kompasiana.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com