Admin Myindischool

headerBanner
Mengenal Lebih Dekat Sosok R.A Kartini

Mengenal Lebih Dekat Sosok R.A Kartini

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Senin, 14 April 2014 18:37 WIB 5403 1 3

Teman masih ingatkah tentang pelajaran sejarah Indonesia? Dimana ada satu tokoh wanita yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia tepatnya seorang pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Ya dialah Raden Ajeng Kartini atau sering disapa R.A Kartini.

Wanita yang lahir tanggal 21 April 1879 ini adalah anak seorang bangsawan yang masih taat dengan adat istiadat Jawa namanya Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Waktu itu Kartini memiliki keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Karena Kartini adalah seorang wanita yang haus akan ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, ayahnya tak mengizinkan dia untuk melanjutkan sekolah. Mengetahui sikap ayahnya itu membuat Kartini sedih.

Meskipun begitu Kartini tetap berusaha untuk terus belajar. Hebatnya, diumur 12 tahun Kartini bisa berbahasa Belanda. Ia diajarin oleh kakaknya, Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam berbagai bahasa.

Semasa mudanya Kartini memiliki keinginan yang sangat mulia yakni ingin memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.

Namun sayang diusianya yang masih cukup belia, dia harus menikah dengan Bupati Tembang, K.R.M, Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Untungnya sang suami mengerti keinginan Kartini dan diberi kebebasan serta mendukung penuh untuk mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan seharusnya bisa menjadi teladan kita di masa muda sekarang ini. Kita bisa mengikuti contoh Kartini yang terus berusaha belajar agar kita tidak dianggap bodoh malah justru sebaliknya. Kita sebagai generasi muda harus bisa menunjukkan bahwa kita adalah generasi yang pintar. Selamat hari Kartini Teman (***)


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.278 Member Bergabung
Copyright © 2021 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com