Admin Myindischool

headerBanner
Mengenal Gubernur Pertama Maluku

Mengenal Gubernur Pertama Maluku

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 18 September 2014 14:18 WIB 4841 1 1

Johannes Latuharhary merupakan sosok gubernur Maluku pertama. Kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan RI membuat ia dicintai oleh rakyatnya. Pria yang lahir di Ulath, Saparua, Maluku Tengah pada 6 Juli 1900 ini merupakan salah satu tokoh yang mendampingi Soekarno membacakan naskah Proklamasi.

Oleh teman-temannya, Johannes Latuharhary akrab disapa dengan nama nani. Kini namanyany diabadikan jadi nama jalan di Kelurahan Menteng , Jakarta Pusat. Beliau mempunyai seorang istri yang bernama Henriette Carolina "Yet" Pattiradjawane seorang anak Raja negeri Kariuw, Jacob Pattiradjawane dan dari pernikahannya mereka dikaruniai 7 orang putra-putri.

Johannes meninggal pada 8 November 1959 karena jatuh sakit. Ia meninggal pada usia 59 tahun. Yang lebih mengejutkan pada saat Latuharhary meninggal, dia tidak bisa membayar biaya rumah sakit. Menurut Nanulaitta, dia dirawat di barak rakyat dalam keadaan koma. Saat itu Latuharhary dibawa ke Rumah sakit St Carolus dan dirawat selama dua hari.

Kita bisa melihat kegigihan Latuharhary dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sungguh mulia. Sampai sekarang sosok Latuharhary masih dikenal sebagai pahlawan tanpa jasa. (***)


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com