Super Administrator

headerBanner
Mengenal 3 Jenis Air Untuk Kehidupan

Mengenal 3 Jenis Air Untuk Kehidupan

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Selasa, 20 Maret 2018 9:58 WIB 2427 0 0

Menyambut Hari Air Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 22 Maret, ada baiknya jika kita mengenal jenis - jenis air dan manfaatnya untuk kehidupan di muka bumi. Apa saja jenisnya? Ini dia jawabannya!

Dari 70% air yang menutupi permukaan bumi, setidaknya ada 3 kategori air yang sering ditemui dalam kehiupan sehari-hari. Ketiga air tersebut adalah air tanah, air permukaan, dan air angkasa.

1. Air Tanah

Sesuai namanya, Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air jenis ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga (domestik) maupun untuk kepentingan industri.

Secara umum, air tanah memiliki beragam sifat yang menguntungkan, namun memiliki juga sifat yang merugikan. Adapun keuntungan tersebut, antara lain : pada umumnya bebas dari bakteri pathogen. Dapat dipakai tanpa pengolahan lebih lanjut. Paling praktis dan ekonomis untuk mendapatkan dan membagikannya. Lapisan tanah yang menampung air biasanya merupakan tempat pengumpulan air alami.

Sedangkan untuk kerugiannya sendiri, air tanah sering kali mengandung banyak mineral-mineral seperti Fe, Mn, Ca dan sebagainya, dan biasanya membutuhkan pemompaan.

Sementara itu, menurut Sosrodarsono (2006), air tanah yang bersangkutan dengan pengembangan air, diklasifikasikan dalam lima jenis sesuai dengan keadaan kondisi air tanah yakni, air tanah dalam dataran alluvial, air tanah dalam kipas detrital, air tanah dalam terras dilluvial, air tanah di kaki gunung api dan air tanah dalam zone batuan retak.

c-shutterstock_115060456.jpg

2. Air Permukaan

Air permukaan merupakan jenis air yang terdapat di permukaan bumi karena tidak mampu terserap ke dalam lapisan tanah, seperti air laut, air danau, air sungai, dan sebagainya. Masing-masing karakternya memiliki ciri-ciri tersendiri yang tentunya berbeda satu sama lainnya.

Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu : Perairan Darat dan Perairan Laut. Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.

Sedangkan Perairan Laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas yang terbagi atas 4 zona laut. Pertama, Zona littoral adalah zona dekat pesisir laut yang terletak diantara garis pasang dan surut air laut dan tingkat kedalamannya 0 meter. Kedua, Zona neritik adalah laut yang terletak di kedalaman 0 - 200 m dengan ciri sinar matahari yang dapat menembus hingga dasar laut.

Ketiga, Zona batial adalah laut yang berada di kedalaman 200 - 1000 m yang merupakan zona perbatasan antara daratan dan perairan dengan cirinya sinar matahari tidak dapat menembus. Terakhir, Zona Abisal adalah laut yang berada di kedalaman lebih dari 1000 m bahkan hingga 6000 m dengan ciri suhu airnya sangat rendah.

3. Air Angkasa

Jenis berikutnya adalah air angkasa yang merupakan air hasil aktivitas yang terjadi di angkasa. Jenis air yang kemudian jatuh ke permukaan bumi setelah melalui rangkaian proses di angkasa ini menyumbang 0.001% dari total jumlah air di planet ini. Contoh Air Angkasa antara lain, air es, air salju dan air hujan.

Dari jenis-jenis air tersebut, air hujanlah yang paling umum kita dengar. Air hujan mempunyai tingkat pH rendah serta bertekstur lunak. Apabila air hujan turun ke kawasan non polutan seperti pegunungan, tingkat pH dari contoh air angkasa ini bisa mendekati normal. Sebaliknya, jika terjadi di kawasan industri atau perkotaan, tingkat pH bisa sangat rendah dan menjadi apa yang kita kenal dengan hujan asam. Nah, dari ke tiga jenis air yang ada diatas, Air Tanah menjadi yang paling cocok dikonsumsi untuk kebutuhan hidup manusia. Untuk itu, agar air tanah tetap mengalir diperlukan kesadaran dari manusia untuk saling menjaga lingkungan di sekitarnya. Selamat Hari Air Sedunia! (Dra/Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com