Admin Myindischool

headerBanner
Mengejutkan! Fakta Dibalik Lelucon Ayam dan Telur Secara Ilmiah

Mengejutkan! Fakta Dibalik Lelucon Ayam dan Telur Secara Ilmiah

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Jumat, 15 Desember 2017 15:35 WIB 1170 0 0

Pernah ngga sih kamu berdebat tentang ayam dan telur?! Mungkin kamu pernah dengan pedenya menjawab soal duluan mana ayam atau telur. Ada yang menjawab telur ada juga ayam. Nah, supaya ngga binggung lagi. Yuk buktikan mana yang lebih dahulu ada, Teman!

Hayo mana yang lebih dulu, ayam atau telur? Teka-teki iseng ini hanya sebatas lelucon belaka seolah membuat kita merasa paling pintar saat menjawabnya. Namun, tanpa disadari kita pun belum menemukan jawaban yang pasti kan?

Kini, tak perlu berdebat lagi, ternyata fakta ilmiahnya sudah ada, lho. Para ilmuan telah memecahkan teka-teki tersebut jawabannya adalah, ayam. Kenapa demikian? Seperti dilaporkan Mailonline, para peneliti menemukan bahwa pembentukan cangkang telur bergantung pada sumber protein yang hanya ditemukan di ovarium dari ayam. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ayam itu ada duluan karena cangkang telur baru bisa terbentuk dari protein tersebut. Tanpa adanya protein, telur tidak mungkin ada.

Protein itu disebut ovocledidin-17 atau OC-17 berfungsi untuk mempercepat proses pengembangan cangkang atau kulit telur. Tanpanya, cangkang ngga akan bisa terbentuk, Teman. Pada bagian membran luar itu, tumbuh batangan-batangan kalsit. Kalsit itu adalah zat kalsium karbonat yang mengkristal. Nah, batangan-batangan kalsit itu tumbuh berjajar rata pada seluruh permukaan telur.

Sebenarnya, kristal kalsit ini ada di berbagai tulang dan tempurung, lho. Tetapi, kristal kalsit lebih cepat terbentuk di dalam ayam. Biasanya kebanyakan unggas mampu menghasilkan 6 gram kulit telur setiap 24 jam. Jadi, sudah terjawab kan mana yang lebih dulu ada. Semoga berguna ya, Teman! (MDEV)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com