indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Mau Tahu Tugas Utama dan 3 Ciri Guru Profesional Versi Mendikbud? Ini Uraiannya!

Mau Tahu Tugas Utama dan 3 Ciri Guru Profesional Versi Mendikbud? Ini Uraiannya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 26 November 2018 9:54 WIB 132 0 0

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy melalui lembar Pidato pada Upacara Hari Guru Nasional, 25 November 2018, seperti yang dikutip dari kemdikbud.go.id, menjelaskan berbagai peran guru. Mulai dari tugas utama guru hingga ciri guru yang professional dipaparkan di sisi kontennya. Ini dia rangkumannya!

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2018 yang mengangkat tema "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI", Muhadjir Effendy menegaskan beberapa tugas utama seorang guru, antaralain: mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik.

Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian; guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Selain itu, Muhadjir Effendy juga menegaskan tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru, antara lain:

Pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Perubahan zaman mendorong guru agar dapat menghadirkan pembelajaran abad XXI, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. Hal tersebut tentu tidak akan dapat diwujudkan jika para guru berhenti belajar dan mengembangkan diri.

Kedua, seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan. Bersama rekan-rekan sejawat, guru terus belajar, mengembangkan diri, dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.

Bersama teman sejawatnya pula guru terus merawat muruah dan menguatkan posisi profesinya. Jiwa korsa guru harus senantiasa dipupuk agar dapat saling membantu dan mengontrol satu sama lain.

Ketiga, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya. Para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa. Dengan segala tantangan dan hambatan, para guru Indonesia berada di garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa.

Foto : dok. http://smpn1bandungan.blogspot.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com