Super Administrator

headerBanner
Mau Lulus Ujian Masuk STAN? Ini Tahapannya!

Mau Lulus Ujian Masuk STAN? Ini Tahapannya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Jumat, 19 Januari 2018 15:02 WIB 936 0 0

Bukan rahasia lagi jika bisa menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negeri (STAN) adalah sebuah keberuntungan yang luar biasa. Karena, jika terwujud, sudah pasti masa depan kamu akan jauh lebih cerah. Mengapa? Karena lulusan STAN, akan dipekerjakan di Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Artinya, kamu akan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mau?

Untuk bisa lulus ujian masuk STAN, semua siswa-siswi yang baru lulus SMU/SMK /MA Pesantren harus mengikuti dan lulus Ujian Saringan Masuk (USM) STAN. Meskipun belum ada pengumuman resmi pendaftaran USM STAN 2018 kapan akan dibuka, namun, berdasarkan hasil penelusuran di dunia maya, diperkirakan akan berlangsung pada bulan Maret 2018.

Perlu kamu ketahui, Ujian Saringan Masuk (USM) STAN sendiri memiliki beberapa tahapan. Antara lain Ujian Tertulis, Ujian Kesehatan dan Kebugaran, dan Ujian Wawancara. Tidak mudah memang, namun patut dicoba.

Ujian Tertulis

Sejauh ini, soal Ujian Saringan Masuk STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Untuk TPA umumnya menghadirkan soal-soal kemampuan verbal, seperti sinonim, antomin dan kosa kata, kemampuan aritmatika, logika dan pola barisan yang meliputi pola angka, pola huruf dan pola gambar.

Sedangkan untuk TBI, biasanya hadir dengan tingkat kesulitannya di atas materi Bahasa Inggris yang diajarkan di SMA. TBI ini akan menguji kemampuan grammar dan pengetahuan vocabulary yang biasanya setara atau mirip dengan soal-soal TOEFL.

Baik TPA dan TBI ini nanti dikerjakan terpisah dengan kamu dengan waktu pengerjaan yang telah ditentukan. Usahakan untuk meraih nilai setinggi-tingginya agar lulus ujian. Karena dari 2 ujian tersebut, ada syarat 1/3 total nilai minimal yang harus benar jika kamu ingin lulus dan mengikuti Tes Kesehatan dan Kebugaran.

c-STAN%20%20(4).jpg

Ujian Kesehatan dan Kebugaran

Dalam tes yang satu ini, kamu harus melewati rangkaian panjang untuk diuji. Diawali dengan mengisi formulir untuk mengetahui riwayat kesehatan. Disarankan untuk mengisi data kesehatan sejujurnya, jangan ada yang ditutupi jika kamu memiliki penyakit tertentu.

Dilanjutkan dengan pemerikasaan di pos kesehatan umum yang telah tersedia. Mulai berat badan, tinggi badan, tensi darah, dan denyut nadi diharapkan normal untuk mempermudah lolos seleksi.

Untuk berat badan ideal, rumusnya adalah tinggi badan - 110. Sedangkan normal denyut nadi, bagi remaja umur 15-17 adalah 100-120 mmHg untuk systole, 60-80 mmHg untuk diastole, dan 60-80 denyut per menit. Untuk itu, sebelumnya usahakan untuk cukup tidur dan sarapan.

Setelah itu, kesehatan mata kamu akan diperiksa. Buat kamu yang pakai kacamata, wajib dipakai untuk dicek plus/minus/silindernya. Kamu akan lolos jika dokter pemeriksa menulis 'VOD 6/6' di form kesehatan kamu. Untuk program studi Bea Cukai, ada pengecualian khusus, yaitu sampai -2. Di atas -2, kamu dinyatakan gagal. Kamu juga akan dicek buta warna atau tidak. Jika buta warna total, dipastikan tidak bisa masuk STAN.

Selanjutnya akan dilakukan pengecekan kesehatan tubuh keseluruhan. Setidaknya ada 6 tahapan yang harus dilalui, seperti : pemeriksaan bagian THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), bagian gigi, pembuluh vena, bagian anus, bagian jantung, paru-paru, perut, dan liver, serta refleks sistem syaraf, dimana dengkulmu akan dipukul-pukul oleh dokter nantinya. Semua ini harus dalam kondisi normal.

c-STAN%20%20(3).jpg

Lolos dalam rangkaian Tes Kesehatan, kamu kembali akan dipanggil untuk Tes Kebugaran yang meliputi 2 jenis tes, seperti lari memutari lapangan dan shuttle run.

Untuk lari mengitari lapangan, biasanya akan ada tiang-tiang pembatas yang digunakan untuk mengetahui jarak lari yang akan kamu tempuh dalam batas waktu tertentu. Dari pengalaman yang ada, biasanya selama 12 menit untuk dijadikan penilaian. Sebagai info buat kamu agar bisa lolos tes ini, disarankan harus sanggup berlari lebih dari 2 KM dalam waktu 12 menit.

Sedangkan dalam tes Shuttle Run, kamu akan diinstruksikan berlari membentuk angka 8, mengitari dua tiang yang berjarak 5-10 meter beberapa putaran. Namun, untuk bentuk rintangannya bisa berbeda-beda, tidak selalu sama, tergantung panitia. Intinya, kamu jangan sampai menyenggol atau menjatuhkannya karena akan mengurangi penilaian.

Ujian Wawancara

Disarankan untuk tidak datang terlambat dan menggunakan kemeja putih dan celana hitam seperti yang diinstruksikan. Setelah itu, isilah formulir dengan lengkap, singkat dan jelas. Kamu harus benar-benar memperhatikan sikap ketika sedang mengikuti tes wawancara ini.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui pola pikir calon mahasiswa apakah cocok atau tidak dengan lapangan kerja yang akan kamu jalani setelah lulus pendidikan. Disarankan untuk menjawab semua pertanyaan dengan nada yang sopan, baik dan jujur. Dan akhiri wawancara dengan berjabat tangan, dan ucapkan salam disertai dengan senyuman.

Jika masih kurang yakin, bergabunglah di Grup Facebook "OUTSTANDING STAN", karena di grup ini dibuat oleh mahasiswa dan alumni STAN yang telah berpengalaman dalam menghadapi USM STAN. Di sini kamu bisa bertanya hal-hal apa saja yang diperlukan saat menghadapi tes terakhir ini. (Dra / Foto : Dok. PKN STAN)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.686 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com