Admin Myindischool

headerBanner
Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 25 November 2014 15:35 WIB 3215 1 1

Donor darah adalah kegiatan yang baik untuk kita dan orang lain. Manfaat praktis pertama dari melakukan donor darah adalah mengetahui secara pasti tipe golongan darah kamu, secara tidak langsung melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh.

Bagi pendonor reguler, di mana mereka mendonorkan darah dalam jangka waktu tiga bulan sekali, itu berarti pemeriksaan kesehatan menjadi rutin yang dilakukan meliputi tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hingga hepatitis dan HIV.

Selain berguna bagi orang lain yang membutuhkan, donor darah ternyata memiliki banyak manfaat untuk diri pendonor sendiri. Inilah beberapa di antara manfaat donor darah.

  • Menurunkan kolesterol

Darah mu mengandung dua macam kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan ketika melakukan donor darah, ini berarti kamu turut menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Pendonor rutin dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke, karena salah satu manfaat donor darah adalah memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Hal tersebut juga berdampak pada badan yang terasa lebih sehat.

  • Tekanan darah terkontrol

Volume darahmu akan lebih seimbang ketika darah didonorkan. Hal ini bisa mencegah terjadinya darah tinggi, sekaligus mencegah penyakit jantung.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Tubuhmu akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya sel darah merah ketika melakukan donor darah. Penyesuaian tubuh seperti ini pula yang terjadi ketika tubuh luka. Dampaknya, penyesuaian tersebut akan turut berpengaruh pada proses pemulihan luka yang kamu alami.

  • Mengurangi risiko kanker

Darah seringkali mengandung terlalu banyak zat besi yang didapat dari berbagai konsumsi makanan. Dan hal tersebut bisa membahayakan, terutama bagi jantung, serta meningkatkan risiko kanker. Ketika perempuan secara alami melakukan penyeimbangan zat besi ketika menstruasi, para laki-laki bisa memanfaatkan ajang donor darah untuk melakukannya. Risiko kanker akan berkurang seiring dengan berkurangnya zat besi dalam darah, terutama risiko kanker hati, paru-paru, dan usus besar.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.206 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com