Ryan Fajar Ramadhan

Last login time
19 Desember 2015



headerBanner
KITA BELUM SEPENUHNYA MERDEKA

KITA BELUM SEPENUHNYA MERDEKA

IndiSchool - Myinfo · Posted by Ryan Fajar Ramadhan


Sabtu, 5 September 2015 19:49 WIB 3033 0 7

Beberapa waktu yang lalu kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke 70. Ada yang meresponya biasa saja, ada juga yang merespon dengan berdoa agar Indonesia bisa terus merdeka sampai akhir zaman. Walaupun sudah 70 tahun negara kita diakui telah merdeka, tapi penulis masih ragu hingga timbul pertanyaan kepada diri penulis sendiri, apakah Indonesia telah merdeka?

Apakah kita bisa dikatakan merdeka jika masih banyak orang miskin dan juga anak jalanan yang berkeliaran, terutama di Jakarta yang notabene adalah ibukota Indonesia?.yang paling penulis sedih adalah anak jalanan karena disaat orang seumuranya mendapatkan pendidikan yang layak, mereka malah tidak bisa sekolah. Mereka membantu orang tua mereka untuk membiayai kehidupan sehari-hari dengan mengamen atau mengemis di jalanan. Padahal, usia mereka adalah usia wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Bahkan, ada juga yang dari kecil hingga sudah dewasa tetap mengamen, sungguh prihatin.

Kenapa para anak jalanan itu tidak sekolah? Mungkin dikarenakan keterbatasan biaya sehingga untuk bersekolah saja bisa dianggap beban yang cukup berat untuk dipikul orang tuanya. Bayangkan apabila sosok yang tidak sekolah itu merupakan asset bangsa Indonesia yang kelak akan menjadi pemimpin perusahaan terkenal, presiden Indonesia, atau mungkin penemu obat kanker?. Jika mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak, tentunya itu hanyalah mimpi yang tidak bisa menjadi kenyataan

Sebagai orang Indonesia yang mencintai negara, kita harus menemukan solusi untuk mengurangi jumlah kemiskinan di Indonesia, sehingga orang-orang jalanan berkurang dan semua anak jalanan bisa bersekolah.

Penulis sempat berfikir, mungkin caranya adalah dengan memberikan pekerjaan yang layak bagi pengamen dan pengemis agar mendapat gaji yang tetap dan juga tempat tinggal yang layak. Dan untuk anak yang tidak sekolah bisa bersekolah karena adanya program BOS akan meringankan beban orang tua. Karena tujuan dari program BOS adalah untuk membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta. Program bos memberikan bantuan berupa dana Rp 580.000,00- per tahun untuk 1 siswa tingkat SD dan Rp 710.000,- per tahun untuk 1 siswa SMP

Dan jika solusi itu sudah dijalankan dengan baik, tidak menutup kemungkinan negara kita akan berkurang jumlah orang miskinya. Dan bisa dikatakan negara kita merdeka dari segi finansial.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com