Saffa Nashita Puteri

Last login time
3 Februari 2020



headerBanner
Keren! Permainan Tradisional Ini Bikin Pintar

Keren! Permainan Tradisional Ini Bikin Pintar

IndiSchool - Myinfo · Posted by Saffa Nashita Puteri


Rabu, 15 Januari 2020 11:39 WIB 815 0 0

Perubahan zaman yang semakin maju dan didukung dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang canggih membuat anak-anak menjadi lebih sering bermain menggunakan media online dan lupa akan mainan tradisional. Tapi tau ga kalian, kalo permainan tradisional punya segudang manfaat loh yang dapat membuat kamu jadi lebih pintar. Gapercaya? Simak aja infonya dibawah ini!

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan IPTEK memiliki pengaruh yang sangat besar pada generasi "zaman now". Salah satu dampak kemajuan IPTEK adalah permainan. Yap, permainan zaman sekarang sudah berbeda dari 20 tahun yang lalu. Kini, anak-anak lebih sering memainkan video games dan games online yang tersedia di ponsel pintar maupun internet.

Anak generasi "zaman now" menganggap permainan online lebih mengasyikan dan lebih praktis. Tapi tau ga si, faktanya, terlalu sering bermain games online dapat meningkatkan kecanduan pada anak. Selain itu, terlalu sering bermain games online juga dapat membawa pengaruh buruk pada kebiasaan dan perilaku anak.

Berbeda dengan permainan tradisional yang sudah ditinggalkan oleh para penggemarnya, permainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak loh. Seperti apa sih manfaatnya? Berikut lima manfaat permainan tradisional pada anak:

1. Aspek Kognitif

Anak yang terbiasa bermain permainan tradisional memiliki kemampuan untuk mengembangkan imaginasi, kreativitas, pemecahan masalah, strategi, kemampuan antisipatif, dan pemahaman kontekstual.

2. Aspek Motorik

Bermain permainan tradisional juga dapat melatih daya tahan, daya lentur, sensor motorik, motorik kasar, dan motorik halus.

3. Aspek emosi

Selain mampu menjadi media katarsis emosional, anak juga mampu mengasah empati dan pengendalian diri.

4. Aspek sosial

Dengan bermain permainan tradisional, anak mampu mengkondisikan diri untuk menjalin relasi, bekerja sama, dan melatih kematangan sosial dengan teman sebaya.

5. Aspek moral

Anak mampu menghayati nilai-nilai moral yang diwariskan dari generasi terdahulu kepada generasi selanjutnya.

Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh dalam permainan tradisional, membuat kita perlu melestaraikan kembali permainan tradisional yang akan hilang seiring berjalannya waktu.

Selain melestarikan permainan antar generasi, bermain tradisional juga dapat memberikan pengaruh positif kepada anak terutama dalam masalah kecanduan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan peran serta berbagai pihak seperti peran orang tua, guru, dan pemerintah agar permainan tradisional menjadi permainan anak Indonesia yang dapat bersaing di generasi milenial saat ini.

Sumber: Kompas.com / Foto: Shutterstock


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.214 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com