indra gunawan

Last login time
27 Juni 2019



headerBanner
Kenali 6 Aktifitas Yang Dilarang Dalam MPLS Siswa Baru

Kenali 6 Aktifitas Yang Dilarang Dalam MPLS Siswa Baru

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 16 Juli 2018 16:31 WIB 677 0 0

Tahun pelajaran baru saja dimulai. Dan sebagai perkenalan antar siswa, serta membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi siswa baru, setiap sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti MOS. Berikut 6 aktifitas yang tidak boleh dilakukan dalam MPLS untuk kamu ketahui!

1. Dalam MPLS, siswa baru tidak dibenarkan untuk membawa suatu produk dengan merk tertentu. Artinya, siswa baru tidak boleh disuruh oleh penyelenggara untuk membawa produk tertentu. Apapun alasannya, hal ini tidak dibenarkan.

2. Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat seperti menghitung nasi, gula, semut, dan sejenisnya. Selain membuang waktu, instruksi seperti ini tidak mendidik. Yang ada hanya akan menimbulkan kekesalan dalam diri siswa baru yang ujungnya bisa menimbulkan amarah karena merasa dikerjai.

3. Memakan dan minum minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru. Hal ini untuk menjaga kesehatan masing-masing siswa baru. Jika ini dilakukan, khawatir akan ada penyakit menular yang bisa menjangkitinya.

Baca Juga: https://www.myindischool.com/content/myinfo/bedanya-mpls-dan-mos-yang-harus-kamu-tahu

4. Memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik dan/atau mengarah pada tindak kekerasan. Cara ini tentunya untuk menghilangkan bully yang marak dilakukan dalam MOS. Ini sudah tidak boleh dilakukan karena hanya akan merusak mental siswa baru dan tentunya akan menimbulkan sifat balas dendam yang berujung anarkis.

5. Memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan serta membawa barang yang sudah tidak diproduksi kembali. Intinya, instruksi ini sudah tidak boleh diberikan ke siswa baru. Selain menyusahkan, cara ini juga bisa memberikan tekanan batin yang memunculkan ketakutan dalam diri siswa baru jika dirinya tidak berhasil mendapatkan barang yang diinstruksikan.

6. Aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran. Jika masih ada aktivitas yang tidak sesuai dengan pembelajaran, silahkan dilaporkan untuk segera ditindaklanjuti. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di siswa baru dan tentunya orang tua.

Perlu diketahui, Ketentuan MPLS ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016.

(Foto : katakota.com)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com