Renal Yudias

headerBanner
Kamu ngga sempat sahur tapi tetap puasa? Bagaimana hukumnya?

Kamu ngga sempat sahur tapi tetap puasa? Bagaimana hukumnya?

IndiSchool - Myinfo · Posted by Renal Yudias


Senin, 19 Juni 2017 9:57 WIB 1390 1 2

Bagi pemeluk agama islam, puasa di bulan ramadhan adalah wajib hukumnya. Syarat sah puasa wajib ini ialah niat berpuasa di waktu malam sebelum terbit fajar. Namun bagaimana hukum puasa ramadhan jika tidak makan sahur?

Makan sahur untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan hukumnya sunnah. Kalau kita gak sempat makan sahur tapi sebelum tidur kita sudah membaca niat untuk berpuasa maka puasa kita tetap sah. Namun jika kita tidak membaca niat untuk berpuasa ramadhan, maka puasa kita tidak sah sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa yang tidak menetapkan niat puasa (wajib) sebelum terbit fajar, maka puasanya tidak sah." (HR. At-Tirmidzi no.730. Dan dinyatakan Shohih oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan At-Tirmidzi no.583).

Maka dari itu, jika ada seorang muslim atau muslimah telah berniat puasa di waktu malam tapi lupa sahur atau terlambat bangun untuk makan sahur maka hendaknya dia melanjutkan puasanya, dan puasanya sah.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com