indra gunawan

Last login time
16 Mei 2019



headerBanner
Jenis Pelanggaran dan Sanksi Dalam UNBK yang Harus Kamu Tahu

Jenis Pelanggaran dan Sanksi Dalam UNBK yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 1 April 2019 14:23 WIB 452 0 0

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 SMA/MA telah dimulai hari ini. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun telah mengeluarkan surat edaran Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaran Ujian Nasional mengenai tata tertib UNBK yang didalamnya terdapat beberapa kategori pelanggaran dan sanksi bagi yang melanggar peraturan.

Tercatat, ada tiga level pelanggaran, mulai ringan, sedang, hingga berat yang akan dikenakan ke siswa-siswi yang melanggar.

Untuk pelanggaran ringan, antara lain, meminjam alat tulis peserta, tidak membawa kartu ujian, dan menanyakan tentang teknis UNBK pada peserta lain. Jika ini dilakukan, peserta akan mendapat sanksi berupa peringatan lisan dari pengawas ruang.

Pelanggaran sedang, seperti membuat kegaduhan dalam ruang ujian akan disanksi dengan pembatalan ujian pada mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan.

Pelanggaran berat, seperti membawa sontekan ke ruang ujian, kerja sama dengan peserta ujian, menyontek atau menggunakan kunci jawaban, meminta orang lain mengikuti ujian mengatasnamakan peserta ujian, serta membawa alat komunikasi (HP), kamera, perangkat elektronik yang dapat merekam gambar dan/atau alat elektronik lainnya yang tidak sah ke dalam ruang ujian, akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan.

Untuk itu, agar setiap peserta tidak dikenakan sanksi, semua siswa-siswi yang mengikuti ujian harus mengikuti aturan yang ada. Berikut 12 aturan yang harus ditaati:

1. Memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum ujian dimulai.

2. Memasuki ruang ujian sesuai dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan.

3. Yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti ujian setelah mendapatkan izin dari Ketua Panitia UN Tingkat Sekolah/Madrasah, tanpa diberikan perpanjangan waktu.

4. Dilarang membawa dan/atau menggunakan perangkat komunikasi elektronik dan optik, kamera, kalkulator, dan sejenisnya ke dalam ruang ujian;

5. Mengumpulkan tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun di bagian depan di dalam ruang kelas.

6. Mengisi daftar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan.

7. Masuk ke dalam (login) sistem menggunakan username dan password yang diterima dari proktor.

8. Mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.

9. Selama ujian berlangsung, hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang ujian.

10. Selama ujian berlangsung, dilarang: (a) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun; (b) bekerja sama dengan peserta lain; (c) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal (d) memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;(3) menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

11. Yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu ujian berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum waktu ujian berakhir.

12. Berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda waktu ujian berakhir dan meninggalkan ruangan setelah ujian berakhir.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.121 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com