Admin Myindischool

headerBanner
Jangan Anggap Remeh Insomnia

Jangan Anggap Remeh Insomnia

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 7 Oktober 2014 17:07 WIB 1829 0 0

Mungkin saat ini sudah banyak manusia di bumi yang mengalami masalah susah tidur atau bahasa kerennya Insomnia.

Namun banyak yang menganggap dirinya hanya memiliki sedikit masalah tidur dan menyebut dirinya insomnia. Tapi apakah kalian tahu begitu bahayanya insomnia bagi tubuh kita.

Berikut ini efek buruk insomnia bagi tubuh kita :

1. wajah jadi enggak mulus

Jam tidur yang paling baik buat kulit kita adalah pukul 22.00 - 03.00. Karena pada jam-jam tersebut, syaraf-syaraf kulit muka sedang bekerja mengeluarkan bakteri. Itu sebabnya kalau kita bangun tidur wajah kelihatan lebih hitam. Bisa kebayang, dong, kalau kita baru tidur jam 01.00 pagi? Kulit jadi enggak bisa mengeluarkan bakteri dan wajah kita malah penuh sama jerawat.

2. gendut

Selama ini usaha kita melakukan diet biar perut enggak buncit jadi sia-sia karena kurang tidur. Menurut sebuah penelitian dari Institute of Medicine, ketika seseorang kurang tidur, maka hormon yang membuat orang cepat lapar akan meningkat. Jadi kalau kita hanya tidur selama lima jam, bawaan ingin makan akan datang terus. Hasilnya sudah pasti akan menambah berat badan kita. Selain itu, tubuh sulit mencerna protein, kolesterol, dan makanan lain secara sempurna karena kita kurang tidur.

3. Mudah Marah

Orang yang kurang tidur akan lebih mudah marah karena sering mengalami pusing kepala. Kalau marah-marah terus, kita lebih gampang kena stres. Hasilnya, mood kita jelek melulu dan jadi malas beraktivitas.

4. Kurangnya Keseimbangan

Pada tahun 2007, Journal of Gerontology melakukan penelitian terhadap seekor katak. Katak yang kurang tidur dalam sehari, akan jatuh sebanyak 4-5 kali. Soalnya, kekurangan waktu tidur akan mengurangi kadar oksigen di otak kita. Kemampuan tubuh untuk melakukan keseimbangan juga akan berkurang.

5. Penyakit Jantung

Coba amati durasi tidur orang terkena penyakit jantung. Pasti enggak beres, deh. Durasi tidur yang kurang dapat dengan mudah menyebabkan kita terkena penyakit jantung. Kita mungkin enggak bakal ngerasain dampaknya sekarang, tapi nanti saat kita berumur 45 tahun, baru, deh, berasa jantungnya mulai enggak beres. Seram, ah!

6. Diabetes

Kalau kita hanya tidur sekitar empat jam per hari kita berpeluang 2,5% lebih besar untuk terkena penyakit diabetes. Jangan salah, saat ini diabetes enggak hanya menyerang orang dewasa saja, lho, tapi anak remaja juga mulai banyak yang terserang.

7. Pemicu Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research menunjukkan bahwa orang yang durasi tidurnya kurang dari tujuh jam per hari memiliki risiko 47,5% terserang kanker.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com