Super Administrator

headerBanner
Jadi Prajurit Kopassus? Ini Tahapannya!

Jadi Prajurit Kopassus? Ini Tahapannya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Selasa, 10 April 2018 10:48 WIB 192 0 0

Dalam rangka memperingati Hari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang dirayakan setiap 16 April, tidak ada salahnya jika kita mengetahui syarat untuk bisa menjadi personilnya. Apa saja? Ini dia ulasannya.

Sudah menjadi fakta jika Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan salah satu pasukan militer terbaik di dunia yang dimiliki Indonesia. Hal ini sudah terbukti dari berbagai penanganan berbagai kasus mancanegara yang diselesaikan dengan rapih tanpa perlu melakukan tindakan kekerasan.

Salah satu operasi militer heroik yang ditangani Kopassus adalah penanganan pembajakan pesawat Garuda pada 28 Maret 1981 oleh kelompok ekstremis 'Komando Jihad' yang menyamar menjadi penumpangnya. Dalam serbuan operasi kilat Grup-1 Para-Komando yang dipimpin Letnan Kolonel Infanteri Sintong Panjaitan, pilot pesawat Garuda, Kapten Herman Rante, dan Achmad Kirang, salah satu anggota satuan Para-Komando Kopassandha, meninggal dalam baku tembak. Operasi penyelamatan ini disebut-sebut lebih heroik dibanding operasi Entebbe.

Operasi seperti inilah yang menjadikan Kopassus dikenal pula dengan sebutan pasukan baret merah yang mengusung moto "Berani, Benar, Berhasil" yang menjadi bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Dari moto ini pula mengharuskan setiap anggota TNI yang ingin menjadi Kopassus harus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian dan antiteror.

Dengan latar belakang seperti ini dapat dikatakan bahwa untuk menjadi prajurit Kopassus bukan hal yang mudah. Setidaknya, calon anggota Kopassus harus bisa lari 2,4 kilometer dengan waktu 12 menit, 40 kali push up dalam semenit, tidak takut ketinggian dan masih banyak lagi persyaratan lainnya. Sedangkan dalam proses rekrutmen, Kopassus menerapkan standar di atas rata-rata. Dari postur tubuh saja, minimal 168 sentimeter.

c-kopasus%202.jpg

Tahapan Jadi Anggota Kopassus

Bagi warga negara Republik Indonesia yang ingin menjadi prajurit Kopassus setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Diawali dengan pendidikan pembentukan sesuai tingkatan, seperti lulus Secata (Sekolah Calon Tamtama), Secaba (Sekolah Calon Bintara), Sepa PK (Sekolah Pembentukan Prajurit Karir) dan Akademi Militer.

Dilanjutkan ke tahap pendidikan kecabangan, pendidikan para dasar, latihan komando selama tujuh bulan yang berakhir dengan pembaretan di Nusakambangan. Setelah di satuan akan ditambahkan dengan materi spesialisasi dasar. Bagi yang melewati pintu masuk dari Sepa PK dan Akademi Militer, pendidikan para dan komando baru dilakukan setelah dilantik sebagai perwira.

Dari semua tahapan pendidikan di atas, materi komando diakui paling berat. Waktu pendidikan ditetapkan selama 20 minggu. Periode pelatihan dibagi atas Latihan Dasar Komando (10 minggu), Gunung dan Hutan (enam minggu) dan Pendaratan Laut (empat minggu).

Siswa komando menerima 63 materi pelajaran seperti teknik tempur, baca peta, pionir, patroli, survival, naik gunung serta pendaratan dengan kapal motor dan pendaratan amfibi. Pada masa setelah itu, waktu pendidikan mengalami peningkatan menjadi 22 minggu, bahkan pernah mencapai 28 minggu dan kursus untuk mempertajam kemampuan. Mulai dari pendidikan sandi yudha, kursus pelatih komando, kursus pelatih sandi yudha, kursus pelatih para, kursus pelatih free fall, kursus jump master dan kursus pandu udara (path finder).

Setelah semua dijalankan, pendidikan komando diakhiri di Nusakambangan. Dan sebelum acara pembaretan, selalu diadakan demo penutup dari siswa komando. Demo saat matahari terbit ini dikenal dengan Seruko (Serangan Regu Komando). Setelah menyelesaikan pendidikan komando dan para dasar serta berhak menyandang brevet komando dan baret merah, saatnya berdinas pun dimulai. (Idr, berbagai sumber/ Foto : Dok. Getty Images/AFP)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.462 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com