indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Inilah Usia Ideal Untuk Anak Belajar Bahasa Asing

Inilah Usia Ideal Untuk Anak Belajar Bahasa Asing

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Kamis, 22 November 2018 16:45 WIB 148 0 0

Ingin menjadikan anak Anda jago berbahasa asing? Kalau iya, para orangtua harus tahu waktu yang tepat kapan seharusnya anak sudah disiapkan untuk menimba ilmu agar efektif dalam berkomunikasi di masa depan. Lalu, berapa usia idealnya ya?

Pada umumnya, belajar bahasa yang efektif dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran. Namun, berdasarkan penelitian sebagian besar anak-anak belajar Bahasa IUnggris bisa dimulai sejak dini.

Diberitakan dari Sahabat Keluarga Kemendikbud, para peneliti di Boston Amerika Serikat, menyarankan sebelum usia 10 tahun, anak-anak dapat belajar bahasa asing secara optimal. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian terhadap 670.000 anak yang mereka rilis tahun 2018.

Hasil penelitian lainnya juga menegaskan bahwa kemampuan belajar bahasa anak mulai melemah di usia dewasa dibanding saat mereka masih anak-anak. Pendapat ini semakin dikuatkan oleh asisten profesor psikologi Boston College, Joshua Hartshorne, yang menjelaskan bahwa otak dapat menyerap bahasa asing secara maksimal justru di usia belia.

"Inilah mengapa orang dewasa lebih sulit belajar bahasa dibanding anak-anak," tulisnya dalam laporan penelitian yang ia rilis, seperti yang dikutip dari kompas.com.

Di sisilain, Elizabeth Allen, warga negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, menegaskan berdasarkan pengalaman yang didapat selama mengajar bahasa asing sejak 1986, menurutnya, usia ideal bagi anak belajar bahasa asing adalah tiga tahun.

Untuk itu, Elizabeth mengingatkan, proses belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. Dimana, para orangtua harus mendampingi dan menciptakan suasana belajar yang santai agar si anak merasa nyaman dan akhirnya fokus dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Lebih lanjut, Elizabeth menambahkan, belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing.

Untuk memperkuat materi pembelajaran bahasa asing, mendengarkan dan belajar menyanyikan lagu-lagu asing adalah cara terbaik yang ideal dilakukan dengan sederhana.

Di sisi lain, Elizabeth juga mendorong para orangtua untuk mengajarkan putra-putri menimba bahasa asing sebelum usia 11 tahun. Menurut pengalamannya, anak di usia 11 tahun ke atas akan mengalami kesulitan belajar bahasa asing.

Jadi, segerakan buah hati Anda untuk belajar Bahasa asing mulai dari sekarang ya..

Foto: shutterstock


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com