Super Administrator

headerBanner
Inilah Untungnya Jika Kamu Jadi Jurnalis

Inilah Untungnya Jika Kamu Jadi Jurnalis

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Kamis, 8 Februari 2018 9:13 WIB 503 0 0

Tidak banyak memang orangtua yang menginginkan anaknya untuk menjadi jurnalis. Mereka lebih mengarahkan buah hatinya untuk jadi dokter atau pilot. Karena, kedua profesi ini lebih menjanjikan dibandingkan menjadi wartawan. Namun, dibalik itu menjadi jurnalis itu keren dan mengasyikan. Bahkan, banyak keuntungannya, loh!

1. Menjadi 'informan' untuk berbagai hal

Ketika ada peristiwa yang terjadi, jurnalis pasti menjadi yang terdepan berada di lokasi kejadian. Umumnya, wartawan memiliki keistimewaan untuk bisa berada di area kejadian. Biasanya para wartawan akan berbaur dengan polisi dan menginformasikan berbagai berita penting agar masyarakat mengetahuinya.

Bahkan, ketika ada peluncuran sebuah produk, wartawan akan mendapatkan undangan untuk menghadiri launching dan menjajal produk tersebut untuk pertama kalinya. Artinya, akan menjadi orang pertama yang merasakan pengalaman menggunakan produk baru itu.

2. Memiliki akses istimewa untuk bertemu para famous

Kelebihan lainnya adalah bisa dengan mudah bertemu dengan orang-orang sukses atau artis ternama saat janjian untuk interview. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh masyarakat umum lainnya. Bahkan, dari sini pula terkadang para wartawan lebih memiliki koneksi yang lebih luas untuk kepentingan pribadinya kelak.

c-shutterstock_520926853.jpg

3. Dihormati, disegani dan dihargai

Dengan menjadi wartawan, kamu akan lebih dihormati dan dihargai di semua kalangan. Contoh, jika di lingkungan tempat tinggal, kamu akan dikenal dan kerap dijadikan penengah dalam sebuah masalah. Bahkan, saat kamu mengurus pembuatan SIM, Pasport, KTP, dll, kamu akan disegani oleh oknum yang ingin mengambil kesempatan dari biaya yang ada.

4. Merasa bangga ketika tulisan dimuat

Bagi jurnalis pemula, pasti akan merasa bangga ketika hasil karyanya yang berupa tulisan atau foto (jurnalis foto) dimuat di sebuah media. Rasa puas inilah yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Kalaupun ada fee atas tulisan atau foto yang dipublikasikan, itu hanya sebagai penyemangat dalam berkarya.

5. Mendapatkan Gratisan

Untuk yang satu ini sangat disukai semua kalangan. Namun, gratisan yang kerap diterima wartawan biasanya lebih diarahkan terciptanya pengalaman pertama menggunakan produk atau menikmati acara yang diluncurkan. Nantinya, para jurnalis akan membuat review dari produk atau acara tersebut agar masyarakat juga mengetahuinya.

Jadi, jika kamu berminat untuk menjadi jurnalis, siapkan CV dan segeralah melamar ke media yang kamu inginkan. Mumpung besok tanggal 9 Februari yang diperingati sebagai Hari Pers Nasional, siapa tahu kamu langsung diterima menjadi wartawan! (Dra/Foto : Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com