indra gunawan

Last login time
25 September 2018



headerBanner
Inilah Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

Inilah Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Jumat, 14 September 2018 17:02 WIB 239 0 0

Tahukah kamu jika ternyata ada beberapa negara yang memiliki biaya pendidikan terjangkau dengan kualitas tinggi? Ini dia 5 negara tersebut seperti yang dilansir dari berbagai sumber!

1. Perancis

Meskipun identik dengan biaya hidup yang mahal, namun, sangat berbeda dengan urusan Pendidikan. Untuk menimba ilmu di negara ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5 jutaan per tahun.

Perancis memiliki 2 jenis pendidikan tinggi, yaitu antara sekolah tinggi (grandes ecoles) dan universitas. Negara ini punya total 83 universitas negeri yang dibiayai oleh negara. Sistem pendidikan ecoles mencakup studi selama lima tahun: kelas ke-1 persiapan (preparation 1), kelas ke-2 persiapan (preparation 2), tahun ke-1 (1eme annee), tahun ke-2 (2eme annee), tahun ke 3 (3eme annee).

Sedangkan sistem pendidikan universitas mencakup license 1, license 2, license 3, master 1, dan master 2. license merupakan jenjang pendidikan setara dengan S1 di Indonesia. Sementara pendidikan doctoral diselenggarakan secara bersama oleh beberapa instansi (ecole dan universitas ) di kota tersebut, namun sebelumnya kandidat harus lulus seleksi oleh tim professeur.

Studi license (S1) berlangsung selama enam semester atau tiga tahun, studi master (S2) berlangsung selama 10 semester atau lima tahun, dan studi doctorat (S3) berlangsung selama 16 semester atau delapan tahun.

2. Berlin, Jerman

Sudah menjadi rahasia umum jika Jerman memang menjadi tujuan pelajar Indonesia yang ingin menimba ilmu. Selain keramahannya terhadap para pendatang di dunia Pendidikan, sekolah di sini memiliki reputasi sangat baik pada sikap toleran dan multicultural, seperti di Universitas Humboldt dan Universitas Teknik Berlin.

Uniknya, Berlin juga menawarkan kuliah gratis bagi seluruh mahasiswa lokal maupun pendatang. Dengan cara ini, pelajar yang menimba ilmu jadi lebih fokus dan bisa meraih gelar yang diinginkan.

3. Wina, Austria

Hampir sama dengan Berlin, biaya kuliah di Wina gratis bagi semua mahasiswa asal Eropa. Sedangkan untuk mahasiswa luar Eropa, dikenakan biaya kuliah terjangkau sebesar 500 dollar AS per tahun. Angka yang terjangkau bagi pelajar yang ingin memperoleh gelar bertaraf internasional.

4. Spanyol

Menimba ilmu di negeri matador ini hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar US$930 atau jika dihitung dalam rupiah, sekitar Rp12 juta saja untuk satu tahun pendidikan program sarjana.

Selain biaya kuliah yang murah, Pemerintah Spanyol dalam hal ini lewat program "Study in Spain" memberikan subsidi pendidikan serta menawarkan banyak beasiswa yang tentunya akan sangat membantu para pelajar Indonesia. Para pelajar bisa mendapatkan pengalaman lebih sambil bekerja paruh waktu dan membantu keuangan mereka selama menjalani pedidikan di Spanyol.

5. Taiwan

Di wilayah Asia, Taiwan menjadi kota paling tepat untuk melanjutkan minat kamu yang tertarik di dunia pendidikan. Mengapa? Beberapa universitas di Taiwan bahkan tidak memungut biaya untuk mahasiswanya. Salah satunya, University of Taipei menawarkan gratis uang kuliah bagi mahasiswa pasca sarjana (S2). Tidak heran jika ada sekitar dua ribu mahasiswa dari Indonesia di sana dan sebagian besar dari jalur beasiswa. Beasiswa ini berasal dari berbagai lembaga dan institusi pendidikan seperti Ministry of Education, ICDF dan beberapa Universitas di Taiwan. Berbagai universitas yang ada menyediakan biaya hidup, kuliah dan asrama dengan high technology dan hospitality service senilai 8.000 NT atau 3.000.000 perbulan.

Foto : Dok. fariznhuda.wordpress.com

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.737 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com