Maulidya Edelweis

Last login time
15 Maret 2019



headerBanner
Inilah Manfaat Penting Tanam Pohon yang Harus Kamu Tahu!

Inilah Manfaat Penting Tanam Pohon yang Harus Kamu Tahu!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Maulidya Edelweis


Kamis, 3 Januari 2019 16:58 WIB 270 0 2

Tahukah kamu pada tanggal 10 Januari adalah hari gerakan satu juta pohon. Pohon merupakan paru-paru dunia dan memiliki berbagai macam manfaat, salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan pembuat kertas.

Sadarkah kamu ketika menggunakan kertas secara berlebihan, itu sama saja membuang dengan sia-sia apa yang seharusnya bisa lebih banyak dimanfaatkan. Seharusnya kertas yang sudah tidak terpakai sebisa mungkin kita manfaatkan untuk dijadikan barang yang menguntungkan .

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanggulangi dan mencegah menumpuknya limbah kertas :

1. Recycle (daur ulang)

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah dan dapat menjadi sesuatu yang berguna.

2. Reduce ( mengurangi)

Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang yang mengakibatkan sampah dan menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.

3. Reuse ( gunakan kembali)

Menggunakan lagi suatu barang lebih dari sekali. Ini mencakup penggunaan kembali secara konvensional di mana barang dipakai lagi dengan fungsi yang sama dan penggunaan kembali di mana barang dipergunakan dengan fungsi yang berbeda.

4. Replace (mengganti)

Replace yaitu mengganti atau menghindari barang yang sekali pakai dengan barang yang bisa dipakai berulang-ulang. Contohnya membawa kantong sendiri saat berbelanja.

5. Recovery (memungut)

Mengambil material yang bermanfaat dari limbah untuk dikelola menjadi barang yang bernilai ekonomis. Di sisi lain, cara ini juga bisa menciptakan bumi menjadi lebih bersih dan indah kedepannya.

Sebenarnya cara ini sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun dari 5R yang sederhana ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi penanganan sampah yang sering menjadi permasalahan di sekitar kita.

Selamat Hari Gerakan Sejuta Pohon.

Foto : depok.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.047 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com