indra gunawan

Last login time
14 November 2018



headerBanner
Inilah Makna Penting Dibalik Warna Seragam Sekolah

Inilah Makna Penting Dibalik Warna Seragam Sekolah

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Jumat, 2 November 2018 16:02 WIB 198 0 0

Seragam sekolah yang pelajar pakai untuk menimba ilmu ternyata memiliki arti tersendiri. Mulai dari warna merah putih untuk SD, biru putih untuk SMP, hingga abu-abu putih untuk SMA memiliki makna yang berbeda, loh! Penasaran dengan artinya?

Tepatnya tahun 1982, pemberlakuan pemakaian seragam sekolah mulai diterapkan. Melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982, pemerintah resmi menetapkan penggunaan seragam sekolah, termasuk warna yang digunakan.

Energi dan Semangat Tinggi di Merah Putih Seragam SD

Seperti yang dilansir dari CNN, seragam SD dipilih warna atasan putih dan bawahan merah karena memiliki arti energi dan semangat yang tinggi. Hal ini disesuaikan dengan karakter anak-anak yang memiliki jiwa ceria dan energi yang tinggi sehingga diharapkan bisa membangkitkan semangat belajar agar menjadi tunas bangsa yang berprestasi.

Rasa Percaya Diri dan Mandiri di Biru Putih Seragam SMP

Pemilihan warna seragam dengan atasan putih dan bawahan biru tua atau dongker pun bukan tanpa arti. Warna biru tua dipilih karena mencerminkan rasa percaya diri dan mandiri. Para pelajar yang mulai memasuki usia remaja mereka, diharapkan mampu membangun rasa percaya diri mereka sekaligus mulai belajar mandiri. Dengan cara ini pun diharapkan para siswa-siswi dapat menjadi pribadi yang mengharumkan nama bangsa di dalam maupun luar negeri.

Kedewasaan dan Ketenangan di Putih Abu-Abu Seragam SMA

Bagi pelajar yang duduk dibangku SMA, sudah dipastikan menggunakan seragam dengan atasan putih dan bawahan abu-abu dengan makna yang sungguh berarti, yaitu melambangkan kedewasaan dan ketenangan. Pasalnya, di usia mereka yang tengah menginjakkan usia remaja menuju dewasa, biasanya mereka mulai mengenal atau mencari jati diri mereka.

Seragam putih hitam di SDN 351, Bulukumba

Namun, dari ketiga warna seragam tersebut, masih ada warna lain yang ternyata dipakai oleh siswa-siswi yang ada di sekolah Indonesia. Tentunya, sudah seizin pemerintah daerah, loh!

Adalah seragam putih hitam di Sekolah Dasar Negeri 351 yang berada di kawasan Adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Bagi suku ini, hitam dipercaya sebagai lambang kejujuran yang harus dipatuhi, yang berasal dari nenek moyang mereka, Turiek Akrakna. Sedangkan warna putih melambangkan penerangan.

Warna coklat di Seragam Pramuka

Seragam Pramuka terdiri dari dua warna coklat yang berbeda, yakni coklat muda untuk baju dan coklat tua sebagai warna celana atau rok. warna coklat tua dianggap sebagai warna tanah yang ada di Indonesia dan warna coklat muda sebagai warna air yang mengaliri tanah-tanah Indonesia.

Adapun tujuan dari pemakain seragam sekolah yang ada di Indonesia tentunya memiliki tujuan yang baik, seperti untuk menghilangkan kesenjangan sosial diantara siswa-siswi, sehingga tidak muncul kecemburuan dari semua lapisan masyarakat. Di sisilain, juga sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air, Indonesia.

Foto: dok. textileone.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.832 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com