Super Administrator

headerBanner
Inilah Fungsi Barcode di Surat Keterangan Lulus UN

Inilah Fungsi Barcode di Surat Keterangan Lulus UN

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Senin, 2 April 2018 17:00 WIB 1310 0 0

Hari ini, Senin (2/4), Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Kejuruan baru saja dimulai. Itu artinya, sebanyak 1.485.302 siswa dari 13.054 sekolah menengah kejuruan (SMK) mulai mengasah pengetahuannya untuk meraih Surat keterangan lulus Ujian Nasional. Uniknya, hasil UN tersebut kedepannya akan bersertifikasi yang memiliki barcode!

Jika sebelumnya surat keterangan lulus Ujian Nasional selalu dibubuhi cap tanda tangan basah, namun tidak di tahun ini. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengganti surat keterangan lulus UN yang memuat nilai UN dengan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) yang menggunakan barcode sebagai tanda digital (digital signature).

Adapun kode batang pada sertifikat hasil UN ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak keaslian yang sudah terdata dalam sistem milik Kemendikbud. Setiap barcode bisa dipindai di laman milik Kemendikbud. SHUN juga bisa dilihat dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

c-1.JPG

Dengan kata lain, kode batang tersebut dibuat untuk meminimalisir pemalsuan hasil UN. Dengan teknologi ini, kode batang tersebut sulit dimanipulasi karena terekam dalam sistem. Selain hasil UN, sertifikat ini juga bakal mencantumkan metode pelaksanaan UN yakni berbasis komputer atau kertas dan pensil.

Di sisi lain, manfaat pemakaian barcode itu sendiri tentunya untuk memudahkan siswa dalam menyimpan hasil nilai karena bisa di-scan, di-print dan dapat diserahkan untuk mendaftar kerja atau perguruan tinggi. Bahkan, jika sertifikat hilang, hasil yang ada masih dapat diperoleh dan dicetak kembali salinannya melalui sistem Kemendikbud.

Perlu diketahui, setelah siswa SMK menggela UN, disusul kemudian siswa SMA yang akan menggelar UN pada 9 hingga 12 April dan sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat pada 23 hingga 26 April.

Sementara, UN susulan untuk SMK dan SMA sederajat akan diselenggarakan pada 17 hingga 18 April dan untuk SMP sederajat pada 8 hingga 9 Mei.

Oleh karena itu, siapkan kondisi kamu sebaik mungkin. Jaga kesehatan agar tetap bisa berfikir optimal saat ujian berlangsung hingga selesai ujian. Pastikan kamu untuk membaca berbagai literature tambahan agar bisa menemukan jawaban yang benar sesuai yang telah diajarkan. Selamat ujian, semoga sukses dan mendapatkan hasil yang memuaskan! Tetap semangat ya.... (Idr / Foto : Ilustrasi, Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com