indra gunawan

Last login time
13 Desember 2018



headerBanner
Inilah Bedanya Hari Kesaktian Pancasila Dengan Hari Lahirnya Pancasila

Inilah Bedanya Hari Kesaktian Pancasila Dengan Hari Lahirnya Pancasila

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 1 Oktober 2018 10:03 WIB 308 0 0

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober memang memiliki sejarah tersendiri dengan Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Agar kamu tidak bingung, ini penjelasannya!

Hari Kesaktian Pancasila lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Dimana, para jenderal diculik oleh mereka yang ingin melakukan kudeta terhadap pemerintahan Indonesia.

Walapun insiden ini masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya, akan tetapi otoritas militer dan kelompok terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Hal inilah yang ditegaskan dalam Wikipedia.

Dari sinilah, Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Lalu, bagaimana dengan sejarah penetapan Hari Lahirnya Pancasila?

Penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Dalam hari-hari itu, ada 3 orang tokoh yang memaparkan tentang dasar negara yakni Muhammad Yamin, Soepomo, kemudian Sukarno. Istilah Pancasila baru diperkenalkan oleh Sukarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945. Tetapi masih ada proses selanjutnya yakni menjadi Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945.

Rumusan dasar negara yang disampaikan Sukarno pada waktu itu pun berbeda dengan susunan Pancasila yang kita kenal sekarang, yakni: Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Mufakat atau demokrasi, Kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sehingga pada 18 Agustus 1945 ditetapkanlah Pancasila yang kita kenal sekarang ini seperti tertuang dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berbunyi: Satu: Ketuhanan Yang Maha Esa Dua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Tiga: Persatuan Indonesia Empat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan Lima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Foto: Dok. Indowarta.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.866 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com