Super Administrator

headerBanner
Inilah 3 Game Edukasi dan Sisi Positifnya

Inilah 3 Game Edukasi dan Sisi Positifnya

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Selasa, 16 Januari 2018 16:46 WIB 660 0 0

Jika selama ini bermain game dianggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu, tidak produktif, ataupun tidak sehat, maka, sudah saatnya stigma negatif itu dihilangkan. Mengapa? Berdasarkan penelitian, bermain game itu ternyata berpengaruh positif, asalkan tidak keranjingan dan tepat memilih jenis permainan.

Jika di dalam kelas ada guru yang memberikan ilmu pelajaran untuk siswa-siwi atau mahasiswanya, bagaimana dengan di luar kelas! Salah satunya bisa dengan bermain game bergenre edukasi di hape kamu. Mulai dari Android hingga iOS tentunya menyediakan beragam jenis games yang dapat diunduh langsung. Tinggal memilih yang sifatnya gratisan atau mau yang berbayar, semua disesuaikan dengan kebutuhan.

Game Cerdas Cermat SD, SMP, SMA

Game edukatif ini memang sengaja disesuaikan untuk para siswa-siswi yang duduk di ketiga jenjang pendidikan tersebut. Adapun tujuan dari game ini untuk menguji pengetahuan umum yang mereka miliki.

Di tingkat Cerdas Cermat SD, kamu harus menjawab pertanyaan yang diberikan atau menebak gambar. Sedangkan di Cerdas Cermat SMP, terdapat kuis yang menyediakan soal-soal dengan pelajaran SMP, mulai mata pelajaran Matematika, PKn, Bahasa Indonesia, Seni Rupa, dan hampir semua pelajaran yang diajarkan di SMP.

Begitupun dengan Cerdas Cermat SMA, pemain akan melewati beberapa tahap sesuai dengan level. Mulai dari level 1 yang paling mudah hinggal level akhir dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Untuk mata pelajaran tentunya sesuai dengan yang diajarkan di bangku SMA. Dan uniknya, game di tingkat ini memiliki fitur "Try Out" yang membuat pemainnya bisa melatih kemampuannya mengisi soal sebelum memasuki tahap ujian. Wow, menarik bukan?

c-GAME%20EDUKASI%20ALL%20IN%20ONE.png

Game Edukasi Anak : All in 1

Nah, untuk kamu yang ingin mengenal berbagai bentuk yang ada di alam ini, Game Edukasi Anak : All in 1, menjadi jawabnya. Game ini merupakan suatu permainan edukasi yang sangat lengkap yang mengajarkan anak-anak kamu tentang benda-benda yang ada di sekitarnya.

Seperti mengenal buah-buahan, hewan, jenis-jenis transportasi, anggota tubuh, macam-macam profesi dan sebagainya. Game edukasi ini cocok untuk untuk anak berusia 3-6 tahun. Oleh karenanya, download segera permainan edukasi ini untuk anak kamu.

Untuk mendukung suasana belajar yang ceria, semua menu dan suasana dalam game ini dibuat dengan banyak warna. Gambar bentuk-bentuk yang ada di dalam aplikasi juga digambar dengan gaya gambar yang jelas, sehingga tidak mempersulit anak baru saja mengenal bentuk-bentuk benda yang berada di sekitar lingkungan.

Uniknya, dalam game ini ada penggunaan unsur suara. Semua bentuk, huruf, ataupun angka yang ada di dalam permainan ini diucapkan secara lisan. Setiap kita menyentuh suatu gambar, akan ada suara anak yang menyebutkan gambar yang kita sentuh. Bahkan, game ini ini juga akan mengeluarkan suara yang sesuai ketika kita menjawab sebuah jawaban, benar ataupun salah.

Game Duel Otak

Permainan asah otak ini sempat menduduki peringkat pertama di Indonesia. Para pemain akan beradu pintar dengan pemain lainnya untuk menjawab enam kategori pertanyaan. Tiap kategori dipilih oleh masing-masing pemain secara bergantian, dan kategori yang dipilih oleh kamu nantinya akan memberikan tiga pertanyaan yang sama untuk dijawab oleh para pemain lainnya.

Dengan kata lain, Duel Otak merangsang kemampuan pikir pemain dengan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan umum pada kategori tertentu. Pemain bisa memilih kategori yang diinginkan. Mulai seputar musik, film, sejarah, agama, tumbuhan, hewan, kesehatan, buku, olahraga, teknologi hingga pengetahuan umum seputar dunia siap mewakili pertanyaan kamu.

c-DUEL%20OTAK.JPG

Untuk memainkannya, biasanya dibagi menjadi dua mode, yaitu "Klasik" dan "Taktis". Pada mode Klasik, pemain tak bisa memilih alat bantu untuk menjawab pertanyaan. Sedangkan pada mode Taktis, pemain diperkenankan memilih alat bantu. Ada tiga alat pilihan yang tersedia, yakni "50:50", "Presentasi" dan "Dua Pilihan". Mirip kuis "Who Wants To Be a Millionaire".

Hingga saat ini, ada sekitar 6,3 Juta pengguna terdaftar dan 3,5 juta pengguna aktif yang tersedia di game Duel Otak versi Indonesia. Sedangkan untuk pertanyaan yang tersedia terdapat sekitar 25.000 pertanyaan yang jumlahnya akan terus bertambah yang didasarkan atas sumbangan dari penggunanya.

Dampak Positif Bermain Game

Lalu, bagaimana dengan dampak positif bermain game? Berdasarkan penelitian dari University of California-Irvine menegaskan bahwa bagian otak yang bernama hippocampus yang umumnya berhubungan dengan memori dan hal kompleks, dapat berubah dengan memainkan game 3D. Dari sejumlah orang yang ikut dalam penelitian tersebut, daya memori mereka meningkat sebesar 12%.

Selain itu, dengan bermain game akan muncul kemampuan koordinasi mata dan tangan yang dapat bermanfaat untuk melatih kemampuan ahli bedah, yang membuat gerakan tangan lebih presisi.

Di sisi lain, bermain game juga erat hubungannya dengan melatih kemampuan motoric yang dapat membantu gamer untuk membuat keputusan dengan cepat. Bahkan, bermain game juga dapat membantu fungsi keseluruhan otak dan daya nalar berjalan efektif. Kamu juga akan memiliki pemikiran yang kritis dalam mengambil keputusan. Kemampuan yang terus diasah ini tentunya akan berperan besar dalam kehidupan nyata.

Dan yang tidak kalah pentingnya, dengan bermain game kamu bisa melepas stress. Bahkan, bermain game juga bermanfaat sebagai sarana bersosialisasi bagi mereka yang memiliki sifat pemalu. (Dra / Foto : Flickr)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.686 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com