Admin Myindischool

headerBanner
Ini Dia Bedanya Hari Lahir Pancasila Dengan Hari Kesaktian Pancasila

Ini Dia Bedanya Hari Lahir Pancasila Dengan Hari Kesaktian Pancasila

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Jumat, 29 September 2017 13:55 WIB 4303 0 0

Hayo ngaku, disini siapa yang masih bingung dan kadang kebalik soal hari kelahiran Pancasila dan hari Kesaktian Pancasila? Padahal nih, keduanya itu berbeda loh teman.

Yup, Tanggal 1 Juni itu di peringati sebagai hari kelahiran Pancasila sedangkan tangggal 1 Oktober di peringati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Lalu apa bedanya?

Jadi, secara garis besar hari lahir Pancasila adalah hari di mana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum oleh Soekarno yang berpidato tentang lima dasar negara, yaitu Pancasila, yang sebelumnya udah dirumuskan sama Muhammad Yamin dengan nama "Lima Dasar". Panca yang berarti lima, dan sila merupakan bahasa Sanskerta yang artinya prinsip atau asas.

Setelah rumusan Pancasila ini tercetus, pada tanggal 22 Juni lahirlah lima rumusan lain, yang dikenal sebagai Piagam Jakarta, 18 Agustus 1945 dan masuk di Pembukaaan UUD, 27 Desember 1949 di mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat, 15 Agustus 1950 di UUD sementara dan yang terakhir merujuk pada Dekret Presiden tanggal 5 Juli 1959.

Sementara Hari Kesaktian Pancasila adalah hari di mana Pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak tergantikan. Yang ada kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI Pada 30 September 1965 silam, ada sedikitnya enam jenderal dan satu kapten yang dibunuh oleh oknum PKI atau Partai Komunis Indonesia sebagai upaya kudeta. Oknum komunis yang dibilangnya ngerusak ideologi Pancasila ini berkembang pesat di tahun 1965. Namun, gejolak tersebut berhasil diredam militer Indonesia. Setelah kejadian G30S/PKI ini, pembantaian komunis dianggap telah usai dan tanggal 1 Oktober 1965. Nah, pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 1 Oktober itu sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Gimana Teman, sekarang udah tau kan bedanya?


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com