nazlla anella

Last login time
21 Agustus 2019



headerBanner
Ingin Sukses? Ubah Pola Pikir Tentang Pendidikan Ini!

Ingin Sukses? Ubah Pola Pikir Tentang Pendidikan Ini!

IndiSchool - Myinfo · Posted by nazlla anella


Senin, 12 Agustus 2019 15:46 WIB 42 0 0

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, terutama di zaman sekarang ini. Oleh karena itu, tak heran kalau cukup banyak orang yang berlomba-lomba untuk menyelesaikan pendidikan ke jenjang yang setinggi-tingginya.

Namun, seringkali berbagai masalah muncul pada orang yang sedang menempuh pendidikannya, yang tentu saja menghambat proses keberhasilan pendidikannya. Salah satunya adalah soal mindset atau pola pikir seseorang terhadap pendidikan.

1. Berpikir bahwa kecerdasan adalah satu-satunya faktor keberhasilan dalam pendidikan.

Cukup banyak orang berpikir bahwa tanpa kecerdasan dan kepintaran yang tinggi, seseorang tidak akan berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Betulkah itu? Well, memang harus diakui bahwa kecerdasan juga turut berpengaruh besar terhadap kemampuan seseorang dalam bidang pendidikan.

Tapi ingat, bahwa kecerdasan tentu bukanlah faktor satu-satunya keberhasilan dalam pendidikan. Ada banyak faktor lain yang dapat mendukung keberhasilanmu dalam studi, seperti motivasi, minat, bakat, sikap positif dan lain sebagainya.

2. Berpikir kalau pendidikan hanya dapat diperoleh dari lembaga pendidikan formal

Salah satu mindset lain yang menghambat adalah pola pikir bahwa pendidikan hanya dapat diperoleh melalui pendidikan di lembaga pendidikan formal seperti di sekolah dan kampus. Padahal, ada juga lho lembaga pendidikan non formal yang dapat menunjang, menambah serta melengkapi pengetahuan maupun keterampilan yang mungkin tidak diajarkan di lembaga formal.

Misalnya, dengan mengikuti lembaga kursus dan pelatihan yang dapat membantumu meningkatkan kualitas diri dalam pendidikan yang kamu tempuh. Intinya sih, pendidikan formal dan non formal ini saling melengkapi

3. Berpikir kalau nilai adalah faktor terpenting dalam pendidikan

Pola pikir lain yang sangat menghambat dan sering ditemukan adalah tentang nilai. Yang namanya nilai ini memang sulit dipisahkan dengan pendidikan. Sebab, seringkali nilai jadi acuan atau tolak ukur dari keberhasilan dalam pendidikan seseorang.

Boleh dibilang, nilai sering menjadi 'nyawa' bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan. Memang betul, nilai juga penting dalam ukuran keberhasilan pendidikan, tapi tidak selalu ya dan bukan satu-satunya tolak ukur yang paling tepat. Sebab, kalau kamu hanya selalu mengejar nilai sempurna tanpa memahami esensi pendidikan itu sendiri, nantinya keberhasilanmu dalam pendidikan mungkin banget jadi terhambat

Nah, beberapa pola pikir yang dapat menghambat keberhasilanmu dalam pendidikan. Mudah-mudahan kamu bisa mengubah pola pikir tidak baik yang ada di atas ya. Semoga bermanfaat!

cr gambar: theidm.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.206 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com