indra gunawan

Last login time
27 Juni 2019



headerBanner
Ikut SNMPTN Lewat Jalur Bidikmisi? Ini Alurnya!

Ikut SNMPTN Lewat Jalur Bidikmisi? Ini Alurnya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Kamis, 14 Februari 2019 10:25 WIB 729 0 0

Kamu siswa/i berprestasi di sekolah, lulus tahun ini dan ingin melanjutkan kuliah namun tidak memiliki kemampuan ekonomi? Jangan khawatir. Pemerintah, melalui program Bidikmisi memfasilitasi mereka yang ingin melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi tahun ini! Lalu, apa itu Bidikmisi dan apa saja syaratnya ya?

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Tahun ini, kuota penerima Bidikmisi naik 50% sehingga menjadi 130.000 penerima dan ditambah pula alokasi untuk penyandang disabilitas.

Untuk bisa melakukan pendaftaran Bidikmisi, tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan, seperti :

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 adalah sebagai berikut:

1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.

2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;

3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;

4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.

5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;

6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;

7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan pilihan seleksi masuk: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); Seleksi mandiri PTN. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Alur pendaftaran Bidikmisi dapat dilihat pada gambar diagram/flow chart berikut ini:

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di laman https://ltmpt.ac.id/ atau bisa juga di laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/).

Bagi siswa pemegang KIP dapat langsung mendaftar secara mandiri di laman LPMT atau Bidikmisi. Sedangkan untuk siswa bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah terlebih dahulu untuk direkomendasikan.

Lalu, apakah Bidikmisi Gratis? Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan, seperti: Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya. Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Berikut adalah jadwa pendaftaran Bidikmisi:

1. Pendaftaran sekolah: 31 Jamuari 2019 - 30 September 2019

2. Pendaftaran siswa: 1 Februari 2019 - 31 Oktober 2019 3. SNMPTN: 4 - 16 Februari 2019

4. Seleksi Mandiri PTN: 4 Februari - 30 September 2019

5. PMDK-PN: 4 Februari - 6 April 2019

6. SBMPTN: 1 Maret - 24 Juni 2019

7. UMPN: 15 April - 31 Mei 2019

8. Seleksi mandiri PTS: 29 April - 30 September 2019

Foto: Dok. Bidikmisi


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.170 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com