Admin Myindischool

headerBanner
Hari Palang Merah Indonesia

Hari Palang Merah Indonesia

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 1 September 2016 15:55 WIB 3346 2 1

Seberapa dalam kamu mengetahui tentang Palang Merah Indonesia (PMI)? PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

PMI didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda sebelum perang dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873. Saat itu nama PMI adalah Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indie (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang. Perjuangan berdirinya PMI mengalami pasang surut sejak tahun 1932 sampai 1940-an. Sampai pada saat Indonesia menyatakan kemerdekaan, Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional pada tanggal 3 September 1945. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.

PMI mempunyai peran membantu oemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan. Tahukah kamu bahwa PMI adalah satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan melalui Keputusan Presiden No 246 tahun 1963.


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.278 Member Bergabung
Copyright © 2021 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com