indra gunawan

Last login time
27 Juni 2019



headerBanner
Hadapi Era Emas 2045, Siswa Indonesia Harus Perkuat Jaringan

Hadapi Era Emas 2045, Siswa Indonesia Harus Perkuat Jaringan

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Jumat, 21 Desember 2018 10:27 WIB 470 0 0

Untuk menjadikan Indonesia bangsa yang kuat dan berprestasi di era Indonesia Emas Tahun 2045, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud, Muhadjir Effendy, mengimbau para siswa SMA/SMK untuk memperkuat jaringan hubungan antar sesama pelajar dari dalam maupun luar negeri.

Melalui acara Apresiasi Siswa SMA/SMK Berprestasi (ASB) yang digelar di Jakarta, pertengahan Desember lalu, Muhadjir Effendy mengimbau memperkuat jaringan di forum tersebut untuk menjalin kerjasama, menjalin hubungan, saling mengenal, kalau bisa diabadikan menjadi sebuah persaudaraan.

"Menjadi sebuah pertemanan yang abadi. Saling berkomunikasi antara satu sama lain. Itulah namanya jaringan, itulah namanya developing, jadi developing yang benar, bukan yang dibangun dari jaringan dunia maya", ujar Mendikbud.

Dalam rilis yang dilansir dari kemdikbud.go.id, Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa jaringan dulu, tidak selengkap sekarang. Kalau sekarang diperkuat dengan media sosial, yang bisa mempercepat dan memperlancar hubungan yang dibangun.

c-era%202.JPG

Selain itu, Mendikbud menegaskan juga bahwa Indonesia mempunyai wilayah yang sangat besar. Luas Indonesia dari Aceh sampai Merauke sama dengan jarak dari Istanbul, Turki sampai ke London, Inggris.

"Kita punya 17 ribu pulau dan sangat kaya dengan budaya. Salah satu Direktur UNESCO menyampaikan kepada saya, negara anda luar biasa, kalau Amerika superpower dibidang senjata, negara anda superpower di dalam budaya", ungkap Mendikbud.

Mendikbud mengatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Untuk itu, harus dijaga jangan sampai terpecah belah, jangan sampai tercabik cabik oleh apapun penyebabnya.

" Tugas kita adalah menjaga bangsa ini, kemudian membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju. Yang paling bertanggung jawab ke depan, Anda semua yang harus bertanggung jawab, ingat 100 tahun Indonesia masuk usia emas, Anda juga genap usia sekitar 45 tahun, dalam proses Indonesia untuk menjadi maju" tutur Mendikbud.

Dalam memajukan bangsa ini, kata Mendikbud, ada prasyaratnya, salah satunya adalah infrastruktur atau prasarana. Sebelum ada sarana, harus didahului dengan prasarana.

"Pra itu sebelum, jadi sebelum ada kendaraan harus ada jalannya, sehingga jalan adalah prasarana, dan kendaraan itu adalah sarananya. Infrastruktur adalah mutlak apabila kita ingin maju, tidak ada satupun negara maju tanpa didukung infrastruktur yang kuat. Saya percaya dengan kamu semua untuk menjadi tulang punggung masa depan Indonesia menjadi bangsa yang maju," pungkasnya.

Foto: Dok. Kemdikbud.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com