Super Administrator

headerBanner
Fakta Unik Homescholling yang Harus Kamu Tahu

Fakta Unik Homescholling yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Senin, 7 Mei 2018 14:05 WIB 984 0 0

Ketika agenda belajar mengajar di sekolah dirasa sudah tidak bisa lagi diikuti, biasanya seseorang akan mengambil jalur pendidikan lainnya yang dinilai lebih nyaman dan menyenangkan untuk dijalankan. Salah satunya, homescholling. Berikut fakta menarik tentang Homescholiing yang perlu kamu tahu!

1. Lebih efektif.

Menghadirkan proses mengajar yang dilakukan di rumah dengan jumlah siswa yang terbatas. Beberapa contoh dari kalangan selebriti seperti Nia Ramadhani, Kak Seto, dan Neno Warisman memilih alternatif ini karena dinilai lebih efektif untuk mendidik putra-putri tercintanya. Proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah membuat siswanya lebih fokus karena jauh dari keramaian.

2. Tidak terlepas dari kurikulum.

Di Indonesia ada homeschooling paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), paket B setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA). Homeschooling memberikan masing-masing peserta didik kebebasan memilih pelajaran, tapi tidak terlepas dari kurikulum. Karena di ujung sana ada ujian kesetaraan.

3. Belajar lebih menyenangkan.

Dilansir dari HomeSchoolAcademy, homeschooling dapat menantang dan menyenangkan bagi sang anak. Mengapa? Ketika si anak berada di rumahnya, mereka akan merasa lebih nyaman dalam melakukan aktifitasnya. Bahkan lebih merasa aman karena masih berada di dekat orangtua saat menimba ilmu.

Pakar pendidikan, Prof.Dr. Arief Rahman, mengatakan bahwa kelebihan Home Schooling adalah proses belajar yang berdekatan dengan orang tua. Aslinya, yang mengajar Homeschooling memang orangtua, bukan guru privat.

4. Jadwal belajar yang fleksibel.

Untuk jadwal belajar dalam homescholling biasanya disepakati bersama antara guru dan orangtua. Mereka biasanya mencari waktu yang tidak akan menganggu aktifitas si anak. Sehingga anak merasa tidak terbebani dengan proses belajar mengajar yang dilakukan.

5. Menjadi lebih kreatif. Dengan homescholling, anak akan lebih mengasah ide kreatifnya saat ditempa oleh gurunya. Mereka akan berpikir kreatif untuk menghadirkan ide cemerlang yang dapat menjadi solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi.

6. Terawasi setiap saat. Dengan homescholling, anak lebih terawasi dengan baik. Orangtua tidak perlu khawatir dengan kondisi anak karena tetap ada di dalam rumah saat menimba ilmu. Tindak kekerasan atau perilaku menyimpang setidaknya kemungkinan kecil terjadi pada si anak. (Idr/Foto: shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.278 Member Bergabung
Copyright © 2021 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com