Super Administrator

headerBanner
Fakta dan Mitos Gizi yang Harus Kamu Tahu

Fakta dan Mitos Gizi yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Kamis, 25 Januari 2018 9:24 WIB 1561 0 0

Guna memperingati Hari Gizi dan Makanan tepat di hari ini, ada baiknya jika kita perlu memilah mana info seputar gizi yang benar dan mana yang hanya sekedar mitos. Tentunya agar tubuh mendapatkan asupan yang benar-benar sehat! Berikut, beberapa fakta dan mitos seputar gizi pada makanan yang harus kamu tahu!

Kandungan glukosa jus buah sama di minuman soda

Banyak yang mengira jika buah yang dijus itu memiliki kandungan gizi yang sama dengan buah aslinya. Faktanya justru mengagetkan, karena buah yang dijus ternyata memiliki kandungan glukosa sama banyaknya dengan minuman soda. Selain itu, jus yang cair juga sudah kehilangan serat-serat yang merupakan salah satu kunci manfaat dari buah.

Buah strawberry sebagai anti- kanker

Tidak banyak yang tahu jika buah berwarna merah pekat ini ternyata memiliki kemampuan mencegah dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan anti- oksidan yang sangat tinggi yang bekerja secara sinergis dan lebih kuat dalam melawan oksidasi sekaligus mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh manusia.

Sayuran hijau bantu tingkatkan memory otak anak

Vitamin K yang terkandung dalam sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, selada hijau dan sawi hijau, dipastikan memiliki efek positif untuk mempertajam daya ingat seseorang. Bahkan kandungan vitamin E pada bayam bisa memperbaiki kesehatan otak serta fungsi kognitif anak agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Makan biji jambu klutuk sebabkan usus buntu

Konon, jika memakan biji dari jambu klutuk kamu bisa terkena usus buntu. Anggapan ini sama sekali tidak benar karena usus buntu tidak disebabkan oleh biji yang menyumbat usus. Umumnya usus buntuk disebabkan karena peradangan usus dan sumbatan pada kelenjar limfe usus. Buah jambu batu dikenal juga mengandung banyak vitamin C. Bahkan, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar.

Kurang Omega-3 bikin otak bodoh

Omega-3 menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan otak. Karena, jika kamu tidak mendapatkannya secara optimal, bisa membuat otak tak bisa bekerja maksimal, sehingga rawan mengalami kebodohan. Untuk itu, seringlah mengkonsumsi ikan dan kurangi junk food atau fast food ya.

Makan wortel memperbaiki penglihatan

Jika kamu sering mendengar kalimat makan wortel biar mata sehat, sayangnya semua itu hanyalah mitos, karena kandungan vitamin A wortel hanya bertugas sebagai penjaga kesehatan matamu agar selalu dalam kondisi prima.

Menurut Profesor Algis Vingrys, dari University of Melbourne Department of Optometry and Vision Services, konsumsi wortel tidak akan meningkatkan penglihatan jika kamu telah menerapkan diet dengan gizi seimbang.

Benarkah jika daging merah kurang baik untuk kesehatan?

Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bagi yang mengkonsumsinya. Namun, daging putih juga mengandung lemak jenuh. Meskipun begitu, seporsi daging sapi sirloin mengandung lemak jenuh lebih sedikit daripada paha ayam dengan kulit. Yang terpenting jangan berlebihan saat kamu mengkonsumsinya. (Dra / Foto : shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.137 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com