indra gunawan

Last login time
29 November 2019



headerBanner
Deretan Hari Penting di Bulan November yang Harus Kamu Tahu

Deretan Hari Penting di Bulan November yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Rabu, 31 Oktober 2018 10:43 WIB 613 0 0

Untuk menambah wawasan kamu tentang beragam hari penting di bulan November, tidak ada salahnya jika kamu mengintip peringatan apa saja yang ada di bulan ke-11 ini!

1 November: Hari Inovasi Indonesia

Hari inovasi lahir dalam upaya menciptakan budaya inovatif di masyarakat Indonesia. Melalui tangan Handi Irawan D, seorang chairmen dari Tera Foundation yang melahirkan Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi), Hari Inovasi Indonesia resmi diperkenalkan dan menjadi ajang yang selalu diperingati setiap tahunnya.

5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Untuk pertama kalinya, hari cinta puspa dan satwa nasional diperingati pada tahun 1993 dengan tujuan meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa Indonesia.

10 November: Hari Pahlawan

Pertempuran Surabaya yang melibatkan tentara Indonesia dengan pasukan Britania Raya, di Kota Surabaya, Jawa Timur menjadi tonggak sejarah lahirnya Hari Pahlawan.

10 November: Hari Ganefo

Ganefo (Game of New Emerging Forces) merupakan kompetisi multinasional untuk Olimpiade Internasional yang digagas oleh Indonesia di tahun 1960, dan mulai diakui secara global pada tahun 1963 oleh 36 negara.

11 November: Hari Bangunan Indonesia

Tanggal ini diusulkan sebagai Hari Bangunan Indonesia karena dipahami sebagai simbol kokoh yang terdiri dari 4 angka satu (11-11) yang berdiri diatas 4 pilar tersebut.

12 November: Hari Ayah Nasional

Sebagai bentuk kasih sayang dan menghormati jasa para ayah di Indonesia, tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah. Muncul pertama kali di Solo pada tahun 2016.

12 November: Hari Kesehatan Nasional

Dalam rangka pemberantasan penyakit Malaria, Presiden Soekarno melakukan penyemprotan pertama secara simbolis dan masal ke rumah-rumah pada 12 November 1964, di desa Kalasan, Yogyakarta. Dari sinilah ditetapkannya hari kesehatan nasional.

14 November: Hari Brigade Mobil (Brimob)

Pada 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) atau Brigade Mobil (Brimob) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa.

14 November: Hari Diabetes Internasional

Hari diabetes sedunia menjadi hari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diresmikan di tahun 2006 dengan berlakunya United Nation Resolution 61/225.

20 November: Hari Anak-anak Sedunia

Pada tahun 1954, PBB pertama kali mengumumkan Hari anak-anak sedunia. Tujuannya untuk menjangkau agar setiap anak memiliki akses terhadap pendidikan dan bisa bersekolah setinggi mungkin.

21 November: Hari Pohon Sedunia

Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon agar bumi tetap lestari.

25 November: Hari Guru

100 hari setelah proklamasi kemerdekaan RI, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan, lewat Kongres Guru Indonesia, 24-25 November 1945 di Surakarta.

28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia

Pada tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

Korpri didirikan pada 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai tanah air.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com