indra gunawan

Last login time
29 Juni 2020



headerBanner
Deretan Fakta Pelajar Indonesia Adalah Pengguna Teknologi Tertinggi di Dunia

Deretan Fakta Pelajar Indonesia Adalah Pengguna Teknologi Tertinggi di Dunia

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Rabu, 12 Desember 2018 10:48 WIB 563 0 0

Berdasarkan Survei Cambridge International melalui Global Education Census yang dirilis pada November lalu, menjelaskan, dewasa ini pelajar Indonesia sangat akrab dengan teknologi, dan termasuk pengguna teknologi tertinggi di dunia dalam bidang pendidikan untuk kebutuhan pembelajaran. Berikut fakta lainnya yang harus kamu tahu!

Sebanyak 502 siswa dan 637 guru berpartisipasi dalam survei yang merupakan penelitian global komprehensif pertama yang membantu memperlihatkan kualitas pendidikan sekolah di seluruh dunia untuk para pelajar berusia 12-19 tahun.

Hasilnya, pelajar Indonesia yang menggunakan teknologi di dalam kelas lebih tinggi, dibandingkan dengan pelajar di negara-negara lain, termasuk di negara maju. Siswa Indonesia menduduki peringkat tertinggi secara global selaku pengguna ruang IT/komputer (40%) di sekolah.

Selain itu, siswa-siswi Indonesia juga menduduki peringkat kedua tertinggi di dunia dalam penggunaan komputer desktop (54%), setelah pelajar di negeri Paman Sam. Untuk pengguna laptop, pelajar Indonesia mencatatkan 84% untuk pekerjaan rumah.

Sedangkan untuk penggunaan smartphone, lebih dari 2/3 pelajar (67%) di Indonesia menggunakan memakai ponsel pintarnya untuk belajar dalam kelas dan 81 % untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Walaupun begitu, siswa-siswi Indonesia masih menggunakan perangkat tradisional lain seperti pulpen dan kertas di kelas maupun di rumah.

Untuk penggunaan papan tulis masih menjadi alat yang sering dipakai oleh 90% guru yang ada di tanah air.

Bagaimana dengan setelah lulus sekolah? Penelitian ini juga menjelaskan keinginan para siswa Indonesia yang mayoritas siswa (93%) mengungkapkan ingin melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Setelah lulus, banyak diantara mereka yang ingin menjadi dokter atau dokter gigi (26%). Walaupun demikian, secara global banyak siswa (7%) yang ingin menjadi pengusaha. Sedangkan sebanyak 6% bercita-cita menjadi insinyur atau pengembang software dan 39% tertarik memperdalam ilmu komputer.
Foto : Shutterstock

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com