indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Dari Kewarganegaraan Hingga PMP. Ini Catatan Pergantiannya!

Dari Kewarganegaraan Hingga PMP. Ini Catatan Pergantiannya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Kamis, 29 November 2018 11:04 WIB 129 0 0

Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghidupkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) nampaknya mendapat sambutan hangat. Namun tahukah kamu jika PMP itu menggantikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang telah masuk dalam kurikulum sekolah di Indonesia sejak tahun 1968.

Dikutip dari liputan6.com, sejak tahun 1968, mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan telah masuk dalam kurikulum sekolah di Indonesia. Secara umum mata pelajaran Pendidikan Kewargaan Negara membahas tentang nasionalisme, patriotisme, kenegaraan, etika, agama dan kebudayaan (Somantri, 2001:298).

Perlu diketahui, pelajaran ini pertama muncul pada tahun 1956 dengan nama Kewarganegaraan. Lalu pada tahun 1959 berubah menjadi civics dan pada 1962 kembali lagi memakai nama Kewarganegaraan.

Menapaki kurikulum 1968, nama pelajaran Kewarganegaraan berubah lagi menjadi Pendidikan Kewargaan Negara yang mempelajari geografi Indonesia dan sejarah konstitusi.

Selanjutnya di Kurikulum tahun 1975 istilah Pendidikan Kewargaan Negara diubah menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

PMP disini berisi materi Pancasila yang merujuk pada Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau dikenal juga dengan singkatan P4. Perubahan ini sejalan dengan missi pendidikan yang diamanatkan oleh Tap. MPR II/MPR/1973.

Kemudian, mata pelajaran PMP ini merupakan mata pelajaran wajib untuk SD, SMP, SMA, SPG dan Sekolah Kejuruan.

Mata pelajaran PMP ini terus dipertahankan baik istilah maupun isinya sampai dengan berlakunya Kurikulum 1984 yang pada dasarnya merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 1975 (Depdikbud: 1975 a, b, c dan 1976).

Pendidikan Moral Pancasila (PMP) pada masa itu berorientasi pada value inculcation dengan muatan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 (Winataputra dan Budimansyah, 2007:97).

Dan pada tahun 1994, mata pelajaran itu berganti menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PPKn lebih fokus terhadap butir-butir dan sila pancasila yang wajib diketahui oleh para siswa.

Nama PPKn ini hanya bertahan selama 9 tahun hingga keluarnya UU Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 di mana pelajaran PPKn berubah menjadi Kewarganegaraan. Penggunaan nama Kewarganegaraan ini masih dipakai sampai sekarang.

Meskipun berganti nama, nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya masih memiliki semangat yang sama dalam mempersatukan negara ini melalui pengajaran toleransi yang penuh keberagaman dari agama dan suku yang berbeda-beda.

Dan kini, Kemendikbud berencana untuk menghidupkan kembali mata pelajaran PMP.

Nah, kalau mata pelajaran kamu yang mana ya?

(Berbagai sumber)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com