nazlla anella

Last login time
2 September 2019



headerBanner
Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku remaja

Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku remaja

IndiSchool - Myinfo · Posted by nazlla anella


Rabu, 21 Agustus 2019 9:55 WIB 33 0 0

Kenyamanan yang dirasakan oleh adanya perkembangan teknologi ini dapat berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang, cara pandang dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat tertentu terutama dikalangan remaja. Sekarang ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangatlah pesat seiring berjalannya waktu.

Berikut ini adalah dampak positif dan negative dari perkembangan teknologi..

1. Internet sebagai media berkomunikasi.

Dengan adanya internet tersebut para remaja dapat mudah berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu.

2. Media untuk mencari informasi atau data

Dengan perkembangan internet yang pesat, menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang sering digunakan karena keakuratannya dalam menyajikan informasi

3. Sebagai media untuk hiburan

Beberapa teknologi telah menciptakan fasilitas game, adio dan video sebagai media hiburan dikalangan remaja

4. Mempermudah proses

Tidak hanya berdampak positif, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan oleh penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan Karena kurangnya pemahaman pengguna akan etika dan juga cara menggunakan teknologi dengan baik dan benar.

Dan berikut ini adalah dampak negative dari perkembangan teknologi

1. Lupa dengan sekitarnya

Secara individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik karena terlalu asik dan berlebihan dalam menggunakan teknologi

2. Terjadinya cyber bullying

Cyber bullying sering terjadi apalagi di media sosial

3. Konten negative berkembang dengan pesat.

Walaupun pemerintah sudah berusaha membatasi agar tidak ada konten negative di internet ataupun dimedia sosial namun hal itu sama saja, masih banyak konten negative yang masih beredar sampai saat ini.

4. Fitnah dan pencemaran nama baik secara halus

Karena kebebasan dalam berpendapat dimedia sosial, oleh karena itu memicu adanya tindakan tersebut

5. Menurunkan semangat untuk belajar bagi remaja, akibatnhya prestasi disekolah pun menjadi dampaknya

Pada dasarnya kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi tidak dapat di hindari lagi karena itu sudah menjadi hal yang sangat wajar dan menjadikannya sebagai tantangan agar bisa di taklukan, sebagai mana remaja diharapkan bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk dari munculnya kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut.

Sebenarnya dampak positif dan negative tergantung pada diri kita sendiri. jika mereka menggunakan teknologi dari sisi positifnya maka akan memberikan ke untungan bagi kehidupan remaja itu sendiri dan begitupun sebaliknya. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi negatifnya saja maka akan banyak menimbulkan masalah bagi kehidupan remaja itu sendiri.

cr foto: the christian broadcasting network


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com