Admin Myindischool

headerBanner
Clara Sumarwati, Wanita Penakluk Puncak Everest

Clara Sumarwati, Wanita Penakluk Puncak Everest

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Senin, 20 Oktober 2014 14:26 WIB 1999 0 0

Gunung Everest merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 8.848 m. Bila ingin ke tempat ini dibutuhkan fisik dan mental yang kuat, karena tak semua orang bisa mendaki gunung ini.

Namun tak bagi wanita Asal Yogyakarta ini. Namanya Clara Sumarwati. Dia adalah wanita pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang bisa mencapai puncak Everest pada September 1996. Clara naik gunung Everest pada usia 47 tahun.

Clara adalah anak ke-6 dari 8 bersaudara pasangan Marcus Mariun dan Ana Suwarti. cita-cita Clara sewaktu kecil adalah menjadi ahli hukum, tetapi ia tidak bisa menolak ketika kakak laki-lakinya menyekolahkannya di Universitas Atmajaya Jurusan Psikologi.

Pendakian Gunung Everest pada 1996 bukanlah hal pertama baginya. Sebelumnya, Clara pernah mendaki gunung namun tidak sampai puncak. Dia hanya mampu mencapai ketinggian 7.000 meter terhadap medan yang teramat sulit dan berbahaya di jalur sebelah selatan Pegunungan Himalaya (lazim disebut South Col). Kegagalan mencapai puncak ini justru membuat Clara Sumarwati semakin penasaran dan bercita-cita untuk mengibarkan Merah-Putih di puncak Everest pada 17 Agustus 1995, tepat 50 tahun Indonesia merdeka. Dan pada tahun 1996 ia mampu mencapai puncak Everest. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com