Admin Myindischool

headerBanner
Benarkah Bawa Tas Sekolah Berat Ganggu Postur Tubuh?

Benarkah Bawa Tas Sekolah Berat Ganggu Postur Tubuh?

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Rabu, 11 Juni 2014 15:40 WIB 3616 0 2

Anak zaman sekarang bawa tas sekolah tak pernah enteng, selalu berat. Hal ini karena kurikulum pelajaran dari tahun ke tahun selalu ada perubahan. Bila volume muatan tas sekolah yang dibawa selalu berat ini akan berdampak buruk pada postur tubuh, benarkah itu?

Bukan pemandangan langka bila kita setiap hari melakukan rutinitas sekolah. Pagi hari bangun belum cukup waktu tidur, belum sempat sarapan, masih mengerjakan pekerjaan yang belum selesai, naik angkot dengan membopong tas yang tak sebanding dengan bobot tubuh.

  • Duduk tegak

Selama duduk dikelas, usahakan agar posisi tubuh tidak membungkuk. Posisi duduk ini salah, dan tentunya bila dilakukan terus menerus akan membuat badan menjadi lelah dan pegal. Biasakan agar kita duduk, berdiri, berlari, dan melakukan segala jenis pekerjaan dengan posisi tubuh yang benar. Ini akan membuat tulang punggung dan pinggang tidak terasa pegal.

Demikian pula bila kita membawa tas sekolah. Seberapa bisa diperingan saja, membawa buku seperlunya, memilih mana yang perlu dibawa dan ditinggal.

  • Memilih tas punggung

Bila kamu membawa buku banyak, lebih baik gunakan tas punggung. Hindari tas selempang, karena akan membuat pundak kamu sakit sebelah. Namun tak bisa kita sangkal kalau tas punggung juga menambah beban pikulan pada tubuh. bila kamu menggendong tas punggu, posisi tubuh hendaknya tetap tegap dan tidak membungkuk agar kondisi lengkung tulang belakang tidak sampai berubah. Bila tula tulang belakang terhambat maka ini akan berdampak pada proses pertumbuhan. Jadi cara yang benar adalah membopong tas punggung dengan posisi tubuh tegap.

  • Memanfaatkan teknologi mutimedia

Teknologi dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan adanya alat elektronik seperti laptop tablet ini akan membantu anak sekolah tak perlu lagi membawa buku tulis maupun buku pelajaran. Materi buku pelajaran bisa dimasukkan ke dalam tablet, begitu juga buku catatan, dan semua bahan pelajaran yang diperoleh dari kelar. Ringkasnya, cukup dengan sebuah perangkat tablet. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com