indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Benar Gak Sih Stres Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Alasannya!

Benar Gak Sih Stres Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Alasannya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Rabu, 14 November 2018 11:41 WIB 207 0 0

Yang namanya stress, pasti bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya pekerja atau karyawan saja yang tertekan akibat pekerjaan, namun, pelajar pun bisa mengalaminya jika tidak pintar-pintar membagi waktu antara bermain atau belajar karena terlalu dipaksakan. Namun, benar gak sih jika stres ternyata bisa menyebabkan diabetes? Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia, 14 November, berikut penjelasan ilmiahnya untuk kamu ketahui!

Seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com, kondisi stres yang dialami seseorang akan memicu tubuh memproduksi hormon Epinephrine atau yang juga dikenal sebagai adrenalin. Epinephrine ini dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal. Hormon epinephrine biasa dihasilkan tubuh sebagai respon fisiologis ketika seseorang berada dalam kondisi tertekan, seperti saat akan dalam bahaya, diserang, dan berusaha bertahan hidup. Kondisi ini disebut fight-or-flight response. Dengan kehadiran epinephrine ini, tubuh akan mengalami kenaikan aliran darah ke otot atau jantung sehingga berdetak lebih kencang, serta pembesaran pupil mata. Selain itu, epinephrine menaikkan gula darah dengan cara meningkatkan pelepasan glukosa, gugus gula paling sederhana, dari glikogen yang beredar dalam darah. Setelah itu, epinephrine juga meningkatkan pembentukan glukosa dari asam amino atau lemak yang ada pada tubuh.

Begitu gula darah melonjak drastis, pankreas akan otomatis menghasilkan insulin untuk mengendalikan gula darah. Dan suatu saat, insulin ini akan cepat habis dan akhirnya bermasalah.

Oleh karena itu, kondisi stres yang terus berlangsung dalam rentang waktu yang lama, membuat pankreas menjadi tidak dapat mengendalikan produksi insulin sebagai hormon pengendali gula darah. Kegagalan pankreas memproduksi insulin 'tepat pada waktunya' ini yang menyebabkan rangkaian penyakit metabolik seperti diabetes mellitus.

Mitos & Fakta Seputar Diabetes

Mitos: Menghindari makanan yang mengandung gula

Faktanya, penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi makanan manis favorit dengan syarat tidak berlebihan dan tentunya harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

Mitos 2: Diet tinggi protein untuk penderita diabetes

Faktanya, penelitian justru menemukan konsumsi protein berlebihan terutama yang berasal dari hewani dapat menyebabkan resistensi insulin yang merupakan inti dari diabetes. Untuk itu, pola makan seimbang adalah yang terbaik bagi penderita diabetes.

Mitos 3: Penderita Diabetes tidak akan bisa makan seperti orang normal

Faktanya, makanan yang sehat bagi penderita diabetes maupun bagi yang tidak adalah sama, hanya saja pola makannya sedikit berbeda. Setelah itu, jangan lupa berolahraga untuk menstabilkan gula darah kamuy a.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com