Super Administrator

headerBanner
Bedanya MPLS dan MOS Yang Harus Kamu Tahu!

Bedanya MPLS dan MOS Yang Harus Kamu Tahu!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Jumat, 13 Juli 2018 16:58 WIB 478 0 0

Tahun ajaran baru 2018/2019 akan dimulai. Itu artinya, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016, setiap sekolah akan mulai melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS), mulai Senin (16/7). Lalu, apa perbedaan diantara keduanya?

1. Guru sebagai pihak penyelenggara

Diatur dalam Permendikbud, yang dimaksud pihak penyelenggara MPLS adalah guru. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan MOS, dimana, siswa seinor atau alumni yang menjadi penyelenggaranya.

Dengan guru sebagai penyelenggara, diharapkan akan mengenalkan fungsi kegiatan MPLS yang sesungguhnya, yaitu sebagai proses pengenalan lingkungan sekolah. Bahkan, diharapkan bisa memutus istilah 'senioritas' yang bisa memunculkan tindakan bully ke juniornya.

Dan jika bully terbukti terjadi, Dinas Pendidikan setempat berhak dan wajib menghentikan kegiatan MPLS. Kepala sekolah sebagai pihak yang bertanggung jawab bisa dikenakan sanksi, mulai dari teguran tertulis, penurunan akreditasi hingga penutupan sekolah.

2. MPLS lebih edukatif

Dibandingkan dengan MOS, kegiatan MPLS lebih banyak mengandung sisi edukatifnya. Jadi, tidak usah khawatir akan ada bully atau perundungan terhadap siswa baru. Kalaupun terjadi, kamu jangan takut untuk melaporkannya langsung ke orangtua biar langsung ditindaklanjuti.

3. Dilakukan di lingkungan sekolah

MPLS dilakukan di lingkungan sekolah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, yaitu 3 hari di minggu pertama tahun ajaran baru. Berbeda dengan MOS yang terkadang melakukan pemaksaan terhadap siswa baru untuk mengikuti orientasi di luar lingkungan sekolah untuk dilakukan plonco.

4. Biaya MPLS

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan oleh siswa-siswi yang mengikuti MPLS. Hal ini dikarenakan semua biaya untuk acara ini telah ditanggung oleh pihak penyelenggara. Jadi, jika ada pihak yang meinta bayaran akan hal ini, silahkan dilaporkan saja.

5. Memakai seragam dan atribut resmi sekolah

Dalam Permendikbud, aturan atribut MPLS yang dipakai siswa baru harus mengenakan seragam dan atribut resmi dari sekolah. Hal ini sangat berbeda dengan penyelenggaraan MOS yang terkadang memaksa siswa-siswi harus mengenakan atribut yang aneh-aneh yang terkesan merendahkan pemakainya. (idr/foto: Dok.smpn9ska.sch.id)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com