Admin Myindischool

headerBanner
Bahayanya Menggunakan Gadget Sambil Berjalan

Bahayanya Menggunakan Gadget Sambil Berjalan

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 25 November 2014 14:45 WIB 4037 1 1

Seorang fisioterapis asal Australia melakukan penelitian antara kebiasaan berjalan sambil bermain ponsel dan keseimbangan tubuh.

"Mereka yang berjalan kaki sambil memainkan ponsel cenderung memperlambat langkah dan berjalan tidak lurus," kata Dr. Siobhan Schabrun, fisioterapis dari University of Western Sydney, dalam laporannya yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, seperti yang dikutip oleh ABC Australia. "Tak heran jika banyak berita tentang orang-orang yang berkirim SMS sambil jalan, tercebur atau terjatuh."

Untuk membuktikan itu secara ilmiah, Dr. Siobhan dan rekan-rekan pun melakukan percobaan terhadap 26 orang yang berusia sekitar 30. Masing-masing orang diminta berjalan sejauh 8,5 meter sebanyak tiga kali, yaitu dengan tidak menggunakan ponsel, sambil membaca SMS dan sambil mengetik SMS.

Dr. Siobhan juga menggunakan sebuah alat pantau yang dilengkapi kamera untuk menangkap dan menganalisis gerakan para peserta. "Hasilnya, mereka berjalan lebih lambat saat berkirim SMS dan jalan menyimpang ke arah kanan atau kiri saat mengetik SMS," katanya. "Kepala mereka juga bergoyang-goyang saat berjalan, dan hal itu mengakibatkan keseimbangan tubuhnya terganggu."

Dari hasil penelitian tersebut, kata dr. Siobhan, rata-rata orang memang tidak bisa melakukan multitasking dalam satu waktu. "Multitasking akan mengurangi kadar konsentrasi seseorang," katanya. Jadi, bermain ponsel sambil berjalan memang tidak diperkenankan.

Jadi masih mau menggunakan smartphone mu sambil berjalan?


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com