Serenada Langit Islam

Last login time
25 Oktober 2015



headerBanner
Ayo Kita Kerja!

Ayo Kita Kerja!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Serenada Langit Islam


Kamis, 10 September 2015 22:21 WIB 3945 0 2

Saya tersenyum saat pertama kali saya melihat logo Kemerdekaan RI yang ke-70 yang dipasang oleh teman saya sebagai display picture media sosialnya. Di dalam logo tersebut terdapat slogan "Ayo Kerja". Slogan ini tidak hanya sekedar slogan rupanya. Slogan ini merupakan Gerakan Nasional 70 Tahun Indonesia Merdeka, yang dicanangkan tepat di Nol Kilometer Indonesia di Kota Sabang. Gerakan "Ayo Kerja" diharapkan menjadi suatu langkah besar mewujudkan impian Indonesia Merdeka dalam arti sesungguhnya.

Bagi saya, ini lucu. Saya membayangkan bahwa slogan "Ayo Kerja" ibarat hardikan seorang ibu kepada anaknya yang sudah lama menganggur dan suka bermalas-malasan.

Tapi apa pun filosofi dibalik Gerakam "Ayo Kerja", saya setuju. Inilah waktunya kita untuk benar-benar bekerja dengan segenap kemampuan yang kita punya. Waktunya kita untuk berhenti berleha-leha hanya karena hidup kita sudah tersasa cukup aman dan nyaman. Waktunya untuk berhenti sekedar meratapi nasib kekayaan sumber daya alam dalam negeri yang dikuras dan dicuri oleh negara lain. Sudah tahu dicuri, kenapa diam saja?

Keadaan negeri ini memang cukup memprihatinkan. Mungkin kita perlu berkaca sejenak. Setelah 70 tahun merdeka, kita sudah sampai sejauh mana? Jika dibandingkan, Amerika Serikat butuh waktu 150 tahun untuk menjadi negara maju. Jepang, yang sempat diporak-porandakan ledakan bom atom, butuh waktu 70 tahun untuk menjadi negara maju. Lalu Korea, lebih singkat lagi, butuh waktu 50 tahun untuk menjadi negara maju. Terakhir, yang paling fantastis adalah Uni Emirat Arab. Mereka butuh waktu 20 tahun saja untuk menjadi negara maju. Dalam dua dekade, mereka mengubah padang pasir menjadi sebuah Megapolis. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Butuh waktu berapa tahun lagi kita untuk menjadi negara maju?

Kita mungkin tidak bisa menyamakan satu negara dengan negara lain karena setiap negara memiliki kondisi yang berbeda. Di Indonesia misalnya, salah satu hambatan kita adalah banyaknya penduduk. Namun yang perlu diketahui pula adalah bahwa Amerika Serikat dengan jumlah penduduk yang lebih banyak tetap bisa bisa menjadi negara maju, bukan? Yang berbeda adalah Amerika memiliki kualitas sumber daya manusia yang lebih tinggi.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Tentu semua butuh waktu dan proses. Dalam melakukam proses tersebut pun tidaklah mudah. Tapi semua harapan bisa tercapai dengan bekerja dan berdoa. Kerja yang dimaksud bukan hanya semata-mata berkerja. Di dalam kerja yang kita lakukan mestilah dengan semangat membangun negeri dan memegang nila-nilai Pancasila.

"Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja," begitu kata Buya Hamka.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com