Admin Myindischool

headerBanner
Asal Usul dan Perkembangan Setrika

Asal Usul dan Perkembangan Setrika

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 11 April 2017 15:55 WIB 4160 1 1

Setrikaan, siapa yang ngga tau benda ini? Fungsinya yang berguna buat bikin baju kita jadi rapi ini berasal dari bahasa belanda, strijkijzer (yang artinya menghilangkan kerutan dari baju dengan alat yang di panaskan). Pada satu abad sebelum masehi, mereka menggunakan wajan besi dengan pegangan panjang yang berisi batubara. Nah, wajan ini kemudian ditekankan di baju yang akan di setrika. Meski bentuknya masih agak jauh dari setrika yang kita kenal sekarang, tapi kalau ngga muncul ide ini, pakaian kita pasti masih lecek-lecek semua ya teman.

Terus, siapa sih penemunya? Pada dasarnya, penemu "setrika kuno" tidak dapat ditentukan secara pasti karena belum ada bukti sejarah yang menerangkannya. Tapi, banyak orang yang mempercayai kalau setrika listrik ditemukan oleh Henry W. Seely pada 1882.

Bangsa Romawi juga tercatat pernah menggunakan setrika yang bentuknya sudah menyerupai setrika modern seperti sekarang. Setrika yang digunakan oleh bangsa Romawi saat itu dinamakan prelum. Seiring dengan berjalannya waktu, setrika juga terus mengalami perkembangan. Awal abad ke-17 orang menggunakan setrika yang dikenal dengan sebutan sadiron. Setrika jenis ini berbentuk potongan logam yang tebal dengan permukaan rata dan diberi pegangan. Pada periode ini, setrika kemudian disempurnakan menjadi kotak logam bergagang yang dapat diberi bara api.

Selanjutnya berkembanglah desain setrika seperti yang dikenal saat ini. Pada jaman dahulu di Indonesia setrika menggunakan bahan arangbanyak dimiliki walaupun mereka telah memiliki listrik. Tapi saat ini hampir semua orang telah memiliki setrika listrik dengan berbagai fitur baru yang canggih seperti pengatur suhu dan semprotan pelembut.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com