Admin Myindischool

headerBanner
Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Sebelum Donor darah?

Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Sebelum Donor darah?

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Sabtu, 29 April 2017 11:57 WIB 1645 1 1

Ternyata ngga hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga aja yang bisa membuat tbuh kita sehat loh teman, selain untuk membantu sesame yang sedang membutuhkan, dengan mendonorkan darah kita pun bisa membuat tubuh kita tetap sehat. Memang banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mendonorkan darah, tapi tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya karena harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa menjadi pendonor. Nah, berikut ini beberapa informasi yang perlu kamu ketahui buat kamu yang akan mendonorkan darahnya untuk pertama kali.

1. Sehat Jasmani dan rohani

Saat akan mendonor, pastikan kamu dalam kondisi fit dan sehat ya teman, dan tidak memiliki sejarah penyakit menular. Biasanya sebelum mendonor juga akan di periksa tekanan darah dan juga berat badan kamu. Disarankan memiliki tekanan darah sistolik minimal 100-170, dan tekanan darah diastolik 70-100, Memiliki berat badan minimal 45 kg dan Kadar hemoglobin berkisar antara 12,5 g/dl sampai 17 g/dl.

2. Berusia minimal 17 - 65 Tahun .

3. Makan 3-4 jam sebelum menyumbangkan darah. (Jangan menyumbangkan darah saat perut kosong ya teman). Dan minum minimal 3 gelas sebelum mendonorkan darah.

4. Tidur yang cukup, minimal 4 jam sebelum mendonorkan darah.

5. Cukupi kebutuhan besi harian kamu, konsumsi makanan yang mengandung besi seperti daging sapi, ikan, dan bayam.

6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya dan maksimal 5 kali dalam 1 tahun.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com