Super Administrator

headerBanner
7 Buku di Dunia yang Sering Dibaca Pelajar

7 Buku di Dunia yang Sering Dibaca Pelajar

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Kamis, 26 April 2018 9:10 WIB 420 0 0

Buku merupakan jendela dunia. Bagaimana tidak, dengan membaca buku, wawasan pelajar akan bertambah luas. Bahkan, dengan rajin membaca, bukan tidak mungkin pelajar akan menempati posisi strategis di sekolah atau menjadi seseorang yang selalu ditunggu kehadirannya dalam pergaulan. Lalu, buku apa saja yang sering dibaca pelajar di seluruh dunia? Ini dia judul-judulnya!

1. Indonesia - Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata

Ceritanya berdasarkan pada kisah nyata tentang sepuluh siswa dan seorang guru inspiratif dari sebuah desa terpencil di Indonesia. Mereka mencoba belajar mempertahankan diri dari degradasi jaman yang semakin canggih. Di dalam buku ini mengajarkan sikap positif yang harus dicontoh oleh semua manusia, yaitu dedikasi, kerja keras, semangat, persaudaraan, persahabatan, optimisme dan ketekunan dalam menghadapi tantangan. Inilah kunci menuju keberhasilan. Kesuksesan ini pula yang akhirnya bacaan Laskar Pelangi diadaptasi ke layar lebar dan kembali menuai kesuksesan.

2. USA - To Kill A Mockingbird

Di negeri Paman Sam, To Kill A Mockingbird menjadi buku yang dianjurkan untuk dibaca oleh para pelajar disana. Hal ini dikarenakan isi buku yang dihadirkan mengkombinasikan isu-isu seperti rasialisme dan ketidakadilan dalam bentuk cerita dari sudut pandang anak berusia 9 tahun sehingga menjadi bacaan menarik, informative dan edukatif.

3. Australia - Tomorrow, When the War Began (1993) by John Marsden

Buku ini mengajarkan semangat juang yang dimiliki kaula muda di Australia. Di sisi lain, ceritanya juga mengangkat rasa takut akan invasi yang kemungkinan terjadi di negeri kanguru ini. Selain itu, setiap konten di halamannya juga menggambarkan betapa luas dan bahayanya kondisi alam yang ada di bumi Australia.

4. India - Autobiography: The Story of My Experiments With Truth (1927-1929) oleh Mohandas K. Gandhi

Pelajar di India memang selalu diajarkan untuk memiliki martabat yang tinggi agar dapat dihormati oleh siapapun. Untuk mendapatkan hal itu, banyak para pelajar yang mempelajarinya lewat sebuah buku bacaan yang diadaptasi dari memoar pemimpin di India. Hal ini dikarenakan banyak perilaku positif yang dapat dijadikan contoh.

5. Canada - The Wars by Timothy Findley

Jika kamu tahu pemuda bernama Robert Ross asal Kanada yang mendaftarkan diri untuk ikut Perang Dunia I, buku inilah yang menceritakannya. Dalam kisahnya, di The Wars by Timothy Findley, Robert menjadi sosok yang berjuang untuk melepaskan diri dari kesedihan dan norma sosial Victoria yang sangat menindas di negara itu.

6. Rusia - War and Peace by Leo Tolstoy

War and Peace by Leo Tolstoy menjadi salah satu buku yang sering dibaca pelajar Rusia karena ceritanya yang secara keseluruhan mendeskripsikan semua aspek kehidupan manusia, mulai dari proses menjadi seseorang yang bermanfaat dalam masyarakat, menjadi seseorang yang pemurah dan pemaaf hingga sosok yang saling menghormati dituangkan dalam buku ini.

7. Cina - Analects by Confucious

Buku ini menjadi bacaan favorit para guru di Cina yang kemudian ditularkan ke murid-muridnya untuk juga mempelajari ajaran filsuf kuno yang tersemat di dalamnya. Ajaran ini diyakini menebarkan kebaikan untuk seluruh umat, mulai mengajarkan rasa hormat ke orangtua, belajar menggunakan pikiran nyang kritis menjadi kelebihan buku ini. (Idr/Foto: Ist)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com