Super Administrator

headerBanner
6 Peran Penting Orangtua Siswa Mengawasi MPLS

6 Peran Penting Orangtua Siswa Mengawasi MPLS

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Jumat, 13 Juli 2018 17:08 WIB 1068 0 0

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016, setiap sekolah di tahun ajaran baru 2018/2019, boleh melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang dahulunya lebih dikenal dengan istilah MOS (Masa Orientasi Sekolah). Agar dapat terkontrol, peran orangtua pun turut dilibatkan dalam hal ini. Ini ketentuannya!

MPLS sendiri memiliki tujuan untuk membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru sehingga dapat mencegah berbagai tindakan kekerasan, perploncoan atau perundungan di lingkungan sekolah yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh oknum yang kurang bersahabat. Untuk itu, orangtua siswa sangat berperan dalam mengawasinya.

1. Setiap orangtua siswa berhak memperoleh informasi terkait Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta yang akan diadakan di sekolah. Informaisnya dapat diperoleh dalam kegiatan Pra-MPLS, Sabtu, 14 Juli 2018.

2. Adapun informasi yang akan diterima orangtua dalam pra MPLS ini tentunya berkaitan dengan profil, kegiatan, sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut. Di sisi lain, acara pra MPLS ini sekaligus menjadi langkah bagi orangtua untuk menyerahkan anaknya sebagai calon siswa di sekolah tempatnya menimba ilmu.

3. Setiap orangtua siswa berhak mendapatkan informasi hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan tersebut paling lambat 7 hari kerja setelah acara selesai dilakukan.

4. Terkait penyelenggaran MPLS ini, setiap orangtua siswa tidak dipungut biaya. Pihak sekolahpun dilarang melakukan pungutan dalam hal ini.

5. Di sisi lain, dalam kegiatan ekskul, pihak sekolah diharuskan meminta izin secara tertulis dan mendapatkan izin secara tertulis dari orangtua/wali siswa MPLS dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

6. Pada saat meminta ijin tertulis, sekolah juga diwajibkan menyertakan rincian kegiatan ekstrakurikuler tersebut agar orangtua mengetahui apa saja agenda yang akan dilakukan siswa.

Sebagai informasi, untuk calon siswa di tahun ajaran baru, MPLS dilaksanakan hanya pada hari sekolah dan jam pelajaran dan paling lama 3 hari di minggu pertama tahun pelajaran.

Untuk provinsi DKI Jakarta, Disdik DKI Jakarta telah menetapkan jadwal MPLS akan dilakukan mulai Senin - Rabu, 16 - 18 Juli 2018. Jadi, siapkan stamina agar kamu tetap sehat selama agenda berlangsung! (idr/Foto: smalan.sch.id)

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com