indra gunawan

Last login time
12 November 2018



headerBanner
5 Quotes Bung Hatta yang Menginspirasi

5 Quotes Bung Hatta yang Menginspirasi

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 5 November 2018 13:55 WIB 157 0 0

Siapa yang tidak kenal dengan Mohammad Hatta. Wakil Presiden Pertama RI yang dijuluki sebagai Bapak Koperasi ini memang terkenal sangat dekat dengan dunia Pendidikan. Jadi, tidak heran jika banyak kata-katanya dijadikan quotes yang bisa membakar semangat dan memberikan pengaruh positif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara.

1. "Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas"

Kata-kata ini menggambarkan bahwa Bung Hatta menggunakan buku sebagai referensi bagi pemikiran-pemikirannya, khususnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dari sini pula dapat disimpulkan bahwa Ia memiliki kegemaran terhadap membaca dan menulis untuk membawanya kepada dunia pergerakan dan intelektual di Indonesia.

Terbukti, sejak usia belia, wawasannya jauh lebih baik dibandingkan teman sebayanya. Dan saat usianya 17 tahun, ia telah memiliki koleksi buku yang berasal dari berbagai literasi, mulai dari berbahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.

2. "Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna"

Dari kalimat ini Bung Hatta hendak berpesan bahwa jangan hanya sekedar membaca saja, namun penting untuk dipahami artinya dengan dalam agar maksud dan tujuan dari bacaan tersebut tersampaikan dengan baik dan benar.

3. "Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur sulit diperbaiki"

Kejujuran menjadi hal yang harus selalu dipegang oleh semua individu. Jangan sampai kalah dengan kebohongan. Jika ini terjadi, sangat sulit untuk dibangun kembali. Jadi, bagi para pelajar harus mengedepankan kejujuran ya, hindari mencontek, hindari berbohong kepada guru ataupun orangtua jika ingin kamu menjadi pelajar yang berprestasi.

4. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-citanya"

Tidak harus menjadi terkenal untuk bisa menjadi yang namanya Pahlawan. Namun, melalui pengorbanan yang tulus dan ikhlas dalam memperjuangkan segala bidang untuk kepentingan orang banyak, kamu juga sudah bisa disebut sebagai pahlawan.

5. "Dasar kekeluargaan itulah dasar hubungan istimewa pada koperasi. Disini tidak ada majikan dan buruh, melainkan usaha bersama diantara mereka yang sama kepentingan dan tujuannya"

Kutipan ini menegaskan tentang sistem koperasi yang seharusnya dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Jadi tidak melihat pada adanya atasan dan bawahan. Semua dibangun untuk kepentingan bersama.

Nah, semoga bisa menginspirasi kamu ya!

Foto : Istimewa


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.832 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com