Super Administrator

headerBanner
5 Keistimewaan Bumi Yang Harus Kamu Tahu

5 Keistimewaan Bumi Yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Rabu, 18 April 2018 11:42 WIB 1232 0 0

Dibandingkan dengan planet lain, Bumi menjadi satu-satunya planet yang terbilang istimewa. Mengapa? Ini alasannya!

Menyambut hari bumi yang diperingati setiap 22 April, sudah saatnya jika kita mengetahui apa saja kelebihan bumi dibandingkan dengan planet lain yang ada di alam semesta ini. Tujuannya, tentunya agar umat manusia bisa selalu menjaga dan menghargai alam agar tetap lestari.

1. Bumi memiliki atmosfer

Keberadaan atmosfer memang memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan di muka bumi. Bagaimana tidak, tanpa atmosfer dijamin manusia akan sering 'kedatangan' tamu antariksa. Bahkan, tanpa atmosfer oksigen yang dihirup manusia secara gratis hingga kini akan sulit didapatkan. Tanpa atmosfer juga akan terjadi perubahan suhu yang sangat ekstrem antara siang dan malam. Jadi, sangat beruntung sekali bumi memiliki atmosfer!

2. Memiliki tanah, air dan komponen udara

Keberadaan unsur tanah menjadikan bumi lebih istimewa jika dibandingkan dengan planet lain. Hal ini dikarenakan tanah menjadi tempat manusia tinggal dan bisa membudidayakan segala sesuatu untuk kebutuhan hidup selama di muka bumi.

Begitupun dengan air yang dimiliki bumi. Jumlahnya yang sangat berlimpah menjadikan air sangat mudah didapatkan untuk sumber kehidupan. Hal inilah yang tidak dimiliki planet lain selain bumi. Sedangkan untuk komponen udara yang ada juga sangat cocok bagi berbagai aktifitas biologis seperti fotosintesis makhluk hidup.

3. Bumi memiliki medan magnet alami

c-shutterstock_404551735.jpg

Salah satu kelebihan bumi lainnya adalah adanya medan magnet alami yang bisa membelokan angin matahari yang dapat membahayakan kehidupan dimuka bumi. Dengan kelebihan ini manusia dapat hidup lebih aman tanpa harus merasa dalam bahaya.

4. Memiliki Vulkano

Keberadaan vulkano sangat vital dalam mewarnai daratan di muka bumi. Bagaimana tidak, vulkano yang berperan penting dalam pembentukan pulau benua dan gunung api ini ternyata berfungsi untuk melindungi seluruh tanah yang ada dimuka bumi agar tidak terendam air laut. Di sisi lain, tenaga vulkano juga mendorong pergerakan benua yang dapat menghadirkan variasi haabitat bagi mahluk hidup yang ada di muka bumi.

5. Terpapar sinar matahari, bintang dan bulan

Sinar matahari yang menerangi muka bumi sudah pasti memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan di muka bumi. Tanpa sinar matahari, makhluk hidup yang ada dijamin akan hilang keseimbangan dan akan punah. Begitupun dengan bintang, cahaya yang menerangi bumi di malam hari sudah pasti memberikan warna kehidupan tersendiri. Begitu juga dengan bulan, yang menghadirkan keindahan alami bagi yang menyaksikannya. (idr/foto : shutterstock).


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com