Admin Myindischool

headerBanner
5 Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headset

5 Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headset

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 13 September 2016 16:17 WIB 1664 2 2

Headset memang amat sangat membantu kita ketika telinga merasa terganggu dengan suara bising dari area sekitar kita berada, baik itu digunakan untuk mendengarkan musik atau pun menonton. Tapi tahukah kamu bahwa jika terlalu lama menggunakan headset akan berbahaya untuk diri sendiri dan bahkan orang lain. Bahaya apa saja yang bisa kamu temukan jika terlalu lama menggunakannya? Yuk kita bahas.

Masuknya kuman dan bakteri melalui telinga

Kita sering meletakkan headset di ruang terbuka tanpa perlindungan. Headset yang sering kita gunakan pun jarang dibersihkan. Hal tersebut menyebabkan headset menjadi salah satu tempat yang disukai kuman dan bakteri untuk dijadikan tempat tinggal. Ketika kita menggunakannya terlalu lama, itu artinya kita membiarkan kuman bebas masuk ke dalam tubuh melalui telinga. Masuknya kuman dan bakteri melalui telinga dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, salah satunya peradangan pada telinga.

Kelelahan pada telinga

Kelelahan telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Dalam jangka pendek, kelelahan pada telinga akan menyebabkan telinga terasa perih dan atau sakit. Sedangkan dalam jangka panjang, telinga akan terasa tidak nyaman dan kita akan sulit menangkap gelombang suara.

Telinga berdengung

Pernah merasakan telinga tidak nyaman saat perjalanan jauh? Hal ini juga akan kita rasakan ketika kita menggunakan headset terlalu lama.

Tuli sesaat

Selain membuat telinga berdengung, penggunaan headset yang terlalu lama juga dapat menyebabkan telinga tuli sesaat terlebih jika volume headset terlalu keras. Dampak yang lebih buruknya lagi, jika penggunaan dengan volume keras dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tuli permanen. Hiiii... gak mau kan jadi tuli permanen?

Kurang memperhatikan dan kurang waspada dengan lingkungan sekitar

Menggunakan headset menyebabkan perhatian kita hanya fokus pada suara dari headset. Terlalu fokusnya kita terhadap suara dari headset membuat kita cenderung mengabaikan keadaan lingkungan sekitar. Bahkan bisa dikatakan kita cenderung menjauh dari lingkungan sosial dan nggak mau berinteraksi dengan orang lain. Nah, kalau sudah masa bodo dengan keadaan sekitar udah pasti nggak menutup kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan. Misalnya saat terlalu asyik mendengarkan musik ketika berkendara. Hiiiiii... lebih baik dihindari deh yang kaya begini.

Mendengarkan musik atau audio lainnya dengan headset memang menyenangkan, Teman. Tapi harus tahu batasan dalam penggunaannya ya. Jangan sampai dampak-dampak yang ada di atas terjadi pada kita.


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com