Super Administrator

headerBanner
5 Agenda Unik Ini Bikin Pelajar PeDe Hadapi UN

5 Agenda Unik Ini Bikin Pelajar PeDe Hadapi UN

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Rabu, 21 Maret 2018 14:38 WIB 337 0 0

Beragam persiapan umumnya dilakukan para pelajar dan guru sebelum Ujian Nasional (UN) berlangsung. Bentuknya pun beragam, mulai dari yang sederhana hingga unik dijalankan demi sebuah kelulusan. Apa saja? Ini dia ritual unikya agar siswa lebih PeDe (Percaya Diri) menghadapi ujian.

Hadirkan Psikolog dan Motivator

Sebelum UN dilaksanakan, biasanya para guru mengundang psikolog atau motivator untuk datang ke sekolah. Para psikolog umumnya akan memberikan gambaran tentang kondisi siswa yang harus dipersiapkan. Mulai jangan terlalu tegang, hingga harus istirahat yang cukup umumnya selalu diingatkan terus menerus agar kondisi siswa saat hari H tetap terjaga kesiapan mentalnya.

Sedangkan dari sisi motivator, selalu memberikan gambaran yang menyemangati siswa agar tetap percaya diri dalam menghadapi UN. Jika percaya diri ada dalam diri siswa, dijamin semua soal yang ada bisa dikerjakan dengan benar dan tepat waktu.

Ziarah Makam

Cara unik lainnya adalah dengan berziarah ke makam para wali atau tokoh masyarakat untuk memohon kemudahan dalam mengerjakan soal-soal UN yang ada. Di sisi lain, cara ini juga sekaligus untuk meningkatkan nilai religi yang ada dalam diri siswa.

Meskipun demikian, para siswa juga diharuskan belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil yang didapat optimal. Artinya, hasil UN yang didapat tidak sekedar berharap dari proses ziarah yang dilakukan.

c-dscn2739.jpg

Cuci Kaki Ibu

Untuk agenda yang satu ini terbilang unik, yaitu mencuci kaki ibu. Mereka berharap melalui kegiatan ini muncul pengalaman spiritual yang merevitalisasi kedekatan hubungan batin antara ibu dan anak.

Diharapkan, melalui pengalaman spiritual itu akan memberikan suntikan semangat dan penyadaran diri pada setiap diri siswa untuk berjuang keras menyelesaikan UN dan menggapai hasil maksimal.

Zikir dan Istighosah

Persiapan jelang pelaksanaan UN umumnya didahului dengan agenda Zikir dan Istighosah yang dilakukan oleh pelajar beserta para pengajar. Mereka menggelar Istighosah atau doa bersama di masjid sekolah agar semua siswa yang mengikuti UN dapat lulus sesuai harapan masing-masing. Tidak hanya itu, peraihan nilai yang bagus juga menjadi doa yang turut diucapkan oleh para peserta.

Untuk pelaksanaan Zikir dan Istighosah ini umumnya dilakukan secara bersama-sama yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan unsur Dinas Pendidikan setempat yang sekaligus bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang.

Tanda tangan anti contek

Sebelum UN berlangsung, biasanya para siswa-siswi mendeklarasikan anti menyontek saat dilangsungkannya ujian nasional. Sebagai bentuk keseriusannya, para siswa membubuhkan tanda tangan di atas kain putih yang memiliki panjang berbeda-beda. Dan di atas kain tertulis kalimat 'Deklarasi UN Jujur Antinyontek'.

Agenda ini juga diikuti dengan doa bersama para guru yang bertujuan agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian, sehingga lulus dengan nilai yang memuaskan dan membanggakan. (IDR/Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com