indra gunawan

Last login time
29 November 2019



headerBanner
4 Warna Api dan Sifatnya Yang Harus Kamu Tahu

4 Warna Api dan Sifatnya Yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 29 Oktober 2018 10:37 WIB 2799 0 0

Jika selama ini kamu hanya mengenal merah sebagai warna api yang menyala, tentunya mulai sekarang harus sudah mulai ditambah pengetahuannya. Pasalnya, selain merah, ada warna lain dari sifat api yang memiliki pengaruh yang berbeda disetiap nyala api.

Warna biru api tanda suhu paling panas

Suhu api berwarna biru ternyata merupakan yang paling panas. Suhunya bisa mencapai lebih dari 1500 derajat Celcius. Api jenis ini biasanya bisa dilihat pada kompor gas yang menyala akibat adanya gas yang keluar dan terbakar. Jadi, jangan coba-coba untuk bermain dengan api warna ini jika tidak ingin melepuh ya!

Api berwarna kuning umumnya memiliki suhu 1200-1500 derajat celcius

Jika menemukan api berwarna kuning, mulai sekarang kamu sudah bisa menilai jika suhunya berada diantara 1200-1500 derajat Celsius. Api model ini biasanya banyak ditemui pada kompor minyak tanah. Meskipun kompor jenis ini sudah jarang ditemui, namun warna api dan rasa panasnya masih kamu ingatkan?

Api berwarna jingga memiliki suhu 1000-1200 derajat celcius

Rasa panasnya menempati urutan dibawah warna kuning. Artinya, suhu api tersebut ada diantara 1000-1200 derajat celcius. Untuk bisa mendapatkan api warna jingga umumnya muncul saat kita camping dan membakar api unggun. Atau pada kompor yang masih menggunakan bahan bakar kayu. Api jingga akan muncul lantaran material yang terbakar dominan dari kayu yang menciptakan bara arang.

Api berwarna merah ternyata memiliki suhu panas paling rendah

Meskipun dikategorikan sebagai api yang memiliki suhu tidak panas, yaitu dibawah 1000 derajat celsius, namun kamu harus hati-hati jika berada di dekatnya. Jangan sampai terbakar karena bisa menimbulkan luka bakar yang serius. Jadi, jangan bermain-main dengan jenis api warna apapun ya jika tidak ingin terbakar.

Lalu, bagaiman dengan warna-warni api yang muncul pada kembang api? Munculnya aneka warna tersebut lantaran ada beberapa senyawa yang kalau dibakar menghasilkan warna-warna cantik. Misalnya saja warna biru dihasilkan dari pembakaran tembaga klorida. Warna biru pada api ini tidak sepanas warna api biru alami. Semoga bermanfaat ya!

Foto : Youtube


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com