Saffa Nashita Puteri

Last login time
3 Februari 2020



headerBanner
4 Jurusan Baru Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi

4 Jurusan Baru Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi

IndiSchool - Myinfo · Posted by Saffa Nashita Puteri


Selasa, 28 Januari 2020 14:02 WIB 1067 0 0

Program studi atau yang akrab dipanggil Jurusan adalah sesuatu yang harus dipilih secara matang-matang. Jurusan ini nantinya akan membawa kamu ke dunia pekerjaan sesuai dengan minatmu. Empat jurusan di bawah ini akan membuka peluangmu dalam memilih jurusan kamu nantinya.

Gimana nih para calon maba alias calon mahasiswa baru? Udah tau nanti mau masuk jurusan mana? Jurusan itu penting banget loh untuk dipilih secara matang-matang, karena akan mempengaruhi dengan prospek kerja kalian setelah kalian lulus kuliah nanti. Bicara tentang pekerjaan, siapa sih yang tidak mau mempunyai gaji yang besar? Prospek kerja dengan gaji besar pasti akan membuat prodi atau jurusan itu jadi favorit di kalangan calon-calon mahasiswa. Penjurusan seperti kedokteran, teknik, akutansi, arsitektur, atau hukum dirasa sudah sangat umum untuk diakreditasi sebagai jurusan favorit.

Namun, seiring dengan perubahannya zaman, ternyata membuka peluang jurusan lain untuk jadi jurusan favorit loh! Seperti sekarang ini nih, kalian tau kan tentang Era Revolusi Industri 4.0? Di zaman sekarang ini semuanya serba inovasi teknologi. Nah dari sini lah teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan keseharian kita. Contohnya seperti sekarang ini, kalian membaca artikel melalui perangkat kalian yang terhubung dengan internet.

Tidak heran kan kenapa hal-hal yang berbau ahli di bidang teknologi akan laris nanti ditawarkan pekerjaan. Bahkan, World Economic Forum (WEF) pada tahun 2018 menyatakan bahwa akan banyak perusahaan yang melakukan investasi secara masif untuk mendukung berkembangnya teknologi tersebut selama 4 tahun ke depan. Tidak hanya itu, menurut hasil Analisa WEF, diprediksi sekitar 75 sumber daya manusia akan digantikan oleh mesin dan algoritma, namun akan ada 133 juta pekerjaan yang baru akan menunggu pada periode tersebut.

Nah, beberapa jurusan di bawah ini akan membantu kalian agar sangat dibutuhkan pada era revolusi 4.0

1. Aktuaria - Saintek

Jurusan ini cocok banget buat kamu yang suka banget sama yang Namanya matematika dan juga program komputer. Di jurusan ini, banyak mata kuliah yang nantinya akan kamu dapatkan berhubungan dengan gabungan ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Meskipun jurusan ini baru berdiri selama 3 tahun dan terbilang jurusan baru, ternyata jurusan ini langsung menjadi jurusan favorit karena akan banyak dibutuhkan di perusahaan untuk memenuhi ketenagakerjaannya khususnya dibidang asuransi dan keuangan.

Walaupun jurusan ini baru lahir pada tahun 2017, Aktuaria sudah tersedia di berbagai universitas terbaik di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) dan juga Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dikarenakan Aktuaria memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan, Aktuaria memiliki passing grade yang cukup tinggi. Seperti di UI, jurusan ini menempati posisi ketiga rata-rata nilai UTBK tertinggi di bidang Saintek setelah ilmu kedokteran dan ilmu komputer dengan nilai rata rata 716,32, nilai terendah 716,32 dan nilai tertinggi 782,33. Urutan ketiga dengan passing grade tertinggi ini tidak hanya berlaku di UI saja, Jurusan Aktuaria di UGM juga menempati posisi tersebut dengan rata-rata UTBK 685,55, nilai terendah 665,53 dan tertinggi 732,55

2. Teknik Biomedik (Teknobiomedik) - Saintek

QS World University Rangkings menyatakan bahwa saat ini hingga era yang akan datang, permintaan tenaga medis akan sangat tinggi. Hal ini menyebabkan Teknik Biomedik ini diperlukan karena jurusan ini merupakan salah satu program studi yang mendalami dengan dunia medis di Indonesia.

Namun, jurusan ini tidak hanya menawarkan ahli dibidang medis tapi juga akan mendalami bidang teknologi yang dipadukan. Jurusan ini akan mengajarkan kalian bagaimana cara merancang alat kesehatan yang berfungsi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pasien.

Teknik Biomedik baru saja diadakan di UI sejak tahun 2018 lalu, namun ITS sudah mengoperasikan jurusan ini cukup lama. Daya tampung Teknik Biomedik di UI cukup kecil dengan peminat yang banyak yaitu tersedia hanya 16 kursi dari 1.472 peminat. Berbeda dengan ITS yang memiliki daya tampung 32 kursi dengan peminat 924 orang.

3. Bisnis Digital - Soshum

Di era yang sudah berubah menjadi serba teknologi ini tidak hanya ahli bidang teknologi yang diperlukan. Dibarengi dengan kreativitas, kedua hal tersebut merupakan poin penting dalam membangun bisnis start-up dan juga bertahan dengan persaingan yang ketat.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin terjun di dunia bisnis. Berbeda dengan jurusan lain yang juga mempelajari bisnis, di Bisnis Digital kalian akan mempelajari digital dan kreativitas.

Program studi yang lahir di Universitas Padjadjaran pada tahun 2018 ini akan meluluskan mahasiswanya setelah menguasai berbagai bidang bisnis seperti market place, big data, dan artificial intelligence yang nantinya akan sangat dibutuhkan pada dunia e-commerce Indonesia. Dikabarkan, transaksi pada e-commerce tersebut dapat mencapai hingga 130 miliar USD atau setara dengan 1.755 triliun rupiah.

4. Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan - Saintek

Jurusan ini memang cukup asing didunia Pendidikan. Program studi Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan ini memang baru dibuka oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Peluang kerja sebagai lulusan dari jurusan ini cukup tinggi mengingat keselamatan sangat diutamakan pada berbagai bidang. Nantinya, mahasiswa yang lulus dari prodi ini dapat bekerja di bandara udara, sektor pertambangan dan energi, serta perusahaan besar lainnya.

Sumber: rencanamu.di / Foto: lclpa.org


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.236 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com